Para Pemimpin Eropa Tingkatkan Rencana Atas Invasi Rusia ke Ukraina

Para Pemimpin Eropa Tingkatkan Rencana Atas Invasi Rusia ke Ukraina
Para Pemimpin Eropa Tingkatkan Rencana Atas Invasi Rusia ke Ukraina

Kanaltujuh.com –

Para pemimpin Eropa telah meningkatkan persiapan untuk setiap aksi militer Rusia di Ukraina, Amerika Serikat ikut andil dalam melindungi pasokan energi dan Presiden AS Joe Biden mengatakan dia akan mempertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi langsung terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Iklan

Ketegangan masih terjadi setelah NATO mengatakan pada hari Senin (24/1/2022) bahwa pihaknya menempatkan pasukan dalam keadaan siaga dan memperkuat Eropa Timur dengan lebih banyak kapal dan jet tempur sebagai tanggapan atas penambahan pasukan Rusia di dekat perbatasan dengan Ukraina.

Rusia, yang membantah merencanakan serangan, mengatakan pihaknya mengawasi dengan “keprihatinan besar”. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengulangi pernyataan Moskow bahwa krisis didorong oleh tindakan AS dan NATO, bukan peningkatan pasukan Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zeleny, dalam pidato video yang disiarkan televisi pada Selasa (25/1/2022) malam, menenangkan masyarakat dan mengatakan upaya damai sedang dilakukan untuk membawa pertemuan antara dia dan para pemimpin Rusia, Jerman dan Prancis.

AS dan Uni Eropa telah mengancam sanksi ekonomi jika Rusia akan melancarkan invasi, dan para pemimpin Barat mengatakan persatuan adalah yang terpenting, meskipun perbedaan telah muncul di antara negara-negara Eropa tentang cara terbaik untuk merespons.

Biden mengulangi pada hari Selasa (25/1/2022) bahwa tidak ada rencana untuk mengirim pasukan AS ke Ukraina, yang bukan anggota NATO, tetapi mengatakan dia akan mempertimbangkan sanksi langsung yang drastis terhadap Putin dan bahwa akan ada “konsekuensi besar” jika Rusia ingin menyerang.

Wartawan bertanya kepada Biden apakah dia akan melihat dirinya secara pribadi memberi sanksi kepada Putin jika dia menginvasi Ukraina.

“Ya,” katanya. “Aku akan melihatnya.”

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sekutu Eropa siap menjatuhkan sanksi begitu ada serbuan.

“Sangat penting bahwa … Barat bersatu sekarang, karena persatuan kita sekarang yang akan jauh lebih efektif dalam mencegah agresi Rusia,” katanya kepada parlemen, Selasa (25/1/2022).

Dia mengatakan Inggris sedang membahas kemungkinan melarang Rusia dari sistem pembayaran global Swift dengan Amerika Serikat, salah satu dari banyak tindakan potensial untuk menghukum Moskow jika melancarkan serangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *