Bahas LPJ APBD 2022, Ketua Komisi I Sebut Serapan Anggaran Rendah Karena Banyak Jabatan Kosong

foto : Alwi Burhanudin Ketua Komisi I DPRD Trenggalek

Trenggalek,kanaltujuh.com – Ketua Komisi I DPRD Trenggalek Alwi Burhanudin menyampaikan dari hasil rapat evaluasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang membahas tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pendapatan Belanja Daerah (LPJ APBD) tahun 2022 terdapat beberapa catatan.

Dari beberapa catatan tersebut kata Alwi yang menjadi atensi dari Komisi I adalah tentang rendahnya serapan anggaran di beberapa OPD yang disebabkan jabatan yang kosong terutama pada eselo III A dan III B.

Iklan

“Tadi ada atensi misalkan serapan anggaran rendah ternyata permasalahannya karena banyak jabatan yang belum terisi,” kata Alwi di masa isoma di gedung DPRD Trenggalek, Senin (3/7/2023).

Baca Juga:
45 Anggota DPRD Trenggalek 2024-2029 Resmi Dilantik, Bupati Ucapkan Selamat dan Apresiasi

Komisi I kata dia berharap Dinas terkait dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk segera melakukan pengisian kekosongan jabatan tersebut. Tujuannya agar anggaran yang telah dialokasikan bisa terserap dan memiliki kinerja yang baik pula.

Lebih rinci politisi dari PKS ini lalu menjelaskan bahwa secara keseluruhan kekosongan jabatan pada Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Trenggalek, total mencapai 57 jabatan diantaranya eselon II terdapat 2 jabatan yang kosong, kemudian eselon III A 13 kemudian eselon III B 11.

” Untuk kekosongan jabatan pada eselon II berada pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Satpol PP,” terangnya.

Baca Juga:
Mas Ipin dan Syah Natanegara Resmi Daftarkan Diri Sebagai Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 2024

Lebih lanjut Alwi meminta pada BKD Trenggalek agar sebelum pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan Tahun 2023, hendaknya kekosongan jabatan pada eselon II dan III sudah terisi.

Alwi juga mengatakan dalam rapat evaluasi kali ini serapan anggaran di masing – masing OPD terbilang cukup bagus dengan nilai serapan rata 87 persen hingga 90 persen lebih.

Baca Juga:
Anggota Dewan Termuda Trenggalek Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Rakyat
Penulis: herman subagioEditor: Fabian Kalijaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *