Pesan Bupati Arifin Di Acara Labuh Laut Larung Sembonyo: Jaga Lingkungan

Pesan Bupati Arifin Di Acara Labuh Laut Larung Sembonyo: Jaga Lingkungan
Pesan Bupati Arifin Di Acara Labuh Laut Larung Sembonyo: Jaga Lingkungan/Foto: Kanaltujuh.com

Trenggalek, Kanaltujuh.com –

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin mengajak masyarakat pesisir Pantai Prigi kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek untuk menjaga lingkungan.

Iklan

Pernyataan ini disampaikan Bupati Arifin saat dirinya hadir dalam upacara adat Labuh Laut Larung Sembonyo yang digelar di kawasan Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, pada Selasa (21/05/2024).

“Banyak ahli yang menyatakan bumi kita sedang tidak baik-baik saja. Cuaca semakin tidak menentu (terjadi krisis iklim). Semakin sulit nelayan menangkap ikan. Tangkapan semakin jauh,” kata Arifin dikutip dari Prokopim Trenggalek.

Baca Juga:
Pulang dari Surabaya, Pemuda Lamongan Dikeroyok Gerombolan Pria Bermotor

Lebih lanjut Arifin mengatakan yang menjadi alasan dirinya meminta masyarakat menjaga lingkungan karena iklim yang tidak menentu sehingga nelayan sulit mendapatkan ikan. Selain itu ancaman sampah dan yang lainnya menjadi penyebab tangkapan ikan semakin menjauh.

“Tentunya resiko nelayan semakin tinggi karena pencarian ikan semakin jauh. Biaya tangkap juga semakin tinggi karena kebutuhan bahan bakar juga semakin meningkat,” terangnya.

“Laut ini adalah lahan rejeki, wadah makan kita jangan kotori dengan sampah. Masak kita mau makan dengan sampah. Jagalah alam ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian tidak melakukan pembalakan liar, menebang pohon sembarangan. Dengan begitu alam akan lebih terjaga,” tambahnya.

Baca Juga:
45 Anggota DPRD Trenggalek 2024-2029 Resmi Dilantik, Bupati Ucapkan Selamat dan Apresiasi

Bupati Arifin juga menambahkan bahwa saat ini infrastruktur di kawasan Pantai Prigi semakin baik ditambah lagi dengan adanya Jalur Lingkar Selatan (JLS) yang menghubungkan antara kawasan pesisir Trenggalek-Tulungagung yang pada gilirannya memiliki dampak ekonomi pada masyarakat.

Baca Juga:
Anggota Dewan Termuda Trenggalek Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *