Target Partai Golkar di Pemilu 2024: Raih Setidaknya 116 Kursi di DPRI

Target Partai Golkar di Pemilu 2024: Raih Setidaknya 116 Kursi di DPRI
Target Partai Golkar di Pemilu 2024: Raih Setidaknya 116 Kursi di DPRI)/Foto: Golkar

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Ahmad Doli Kurnia, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, menyatakan bahwa partai mereka yang memiliki lambang pohon beringin menargetkan mendapatkan setidaknya 20 persen suara atau 116 kursi di DPRI dalam Pemilu 2024.

Iklan

Pernyataan tersebut diucapkan saat dia menyerahkan 580 berkas calon legislatif yang akan mewakili 84 daerah pemilihan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Minggu, 14 Mei 2023.

Selain bakal calon legislatif untuk DPR RI, Doli mengungkapkan bahwa ada 2.372 bakal calon legislatif untuk Dewan Perwakilan Daerah Provinsi di 31 daerah pemilihan dan 17.510 bakal calon legislatif untuk DPRD Kabupaten/Kota dari 2.325 daerah pemilihan.

“Ini menunjukkan bahwa Partai Golkar siap berkontestasi, tentu dengan menjunjung tinggi fairness dan sportivitas. Kita memang tentu punya target ingin kembali menang nomor satu pada Pemilu 2024 dengan seluruh agenda baik pileg maupun pilpres,” kata Doli setelah menyerahkan berkas bacaleg Golkar dilansir dari Tempo.co.

Pihaknya menyatakan bahwa Partai Golkar telah melakukan seleksi yang ketat dan panjang terhadap calon legislatif untuk DPR RI maupun DPRD provinsi atau kabupaten/kota. Total calon legislatif yang terpilih adalah sebanyak 40.942 orang. Selain itu, Partai Golkar juga sudah memenuhi persyaratan undang-undang dengan memastikan keterwakilan perempuan mencapai 33,96 persen, melebihi ketentuan minimal 30 persen.

“Kami menyusun bakal caleg kami cukup membutuhkan waktu yang agak lama, mendiskusikannya untuk menyaring nama-nama yang tadi dari 40.000 itu karena ingin mencapai minimal 20 persen,“ ujarnya.

Doli mengungkapkan bahwa penetapan target tersebut dilakukan dengan cara yang teliti dan cermat. Ia menjelaskan bahwa Partai Golkar telah memetakan potensi-potensi di wilayah tersebut sejak tahun 2019, termasuk dalam melakukan profiling terhadap sosok-sosok yang memiliki kemampuan untuk mewakili daerah pemilihannya.

“Sebetulnya Partai Golkar ini kan hampir semua wilayahnya itu bisa menjadi basis kami karena kami pernah memenangkan pemilu beberapa kali. Nah tinggal merevitalisasinya saja. Jadi secara umum kami mempunyai wilayah seluruh Indonesia yang di sana Golkar cukup potensial,” kata Ahmad Doli Kurnia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *