Presiden Jokowi Apresiasi Kontingen Indonesia Lampaui 60 Emas di SEA Games Kamboja 2023

Presiden Jokowi Apresiasi Kontingen Indonesia Lampaui 60 Emas di SEA Games Kamboja 2023
Presiden Jokowi Apresiasi Kontingen Indonesia Lampaui 60 Emas di SEA Games Kamboja 2023/Foto: MNCTrijaya

Kanaltujuh.com –

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan penghargaannya terhadap prestasi kontingen Indonesia yang berhasil mencapai target dengan memperoleh 60 medali emas dalam partisipasinya dalam SEA Games 2023 di Kamboja.

Iklan

“Saya sangat mengapresiasi perolehan medali, karena sudah mencapai 60 (emas). Targetnya memang dari kemarin itu 60, tapi saya minta di atas 69. Moga-moga terlampaui,” kata Jokowi kepada awak media selepas menghadiri acara Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja telah melampaui target 60 medali emas yang awalnya ditetapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Indonesia berhasil meraih emas yang ke-60 melalui Juliana Klarisa, seorang atlet angkat besi dalam kategori 55kg putri. Sebelumnya, Indonesia juga mencatat sejarah dengan meraih medali emas pertama dalam bola basket 5×5 putri dengan hasil sempurna dalam enam pertandingan dalam format round robin.

Pada Minggu sore, diketahui bahwa Indonesia berhasil memperoleh tiga medali emas lagi di SEA Games Kamboja, yaitu yang ke-61, ke-62, dan ke-63. Medali emas ke-61 disumbangkan oleh judoka Dewa Kadek Rama dalam kategori 66kg putra. Sementara itu, tim perahu naga putra dengan 12 kru berhasil meraih emas ke-62 dalam nomor 500m. Selain itu, pegulat Suparmanto berhasil meraih emas ke-63 dalam nomor greco roman 63kg putra. Meskipun SEA Games 2023 Kamboja masih menyisakan tiga hari pertandingan lagi, Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk mencapai target 69 medali emas yang diinginkan oleh Presiden Jokowi.

Salah satu medali emas yang sangat dinantikan adalah dari cabang sepak bola putra, di mana tim Taufany dan rekan-rekannya berhasil mencapai babak final setelah meraih kemenangan yang dramatis dengan skor 3-2 atas Vietnam pada babak semifinal kemarin, meskipun harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-60

“Senang karena bolanya juga masuk final dengan pertarungan dan semangat juang yang sangat, menurut saya boleh menyampaikan mental menang, memang mental pemenang,” ucap Jokowi.

“Menang ya wajar, meskipun hanya 10 pemain masih bisa menggolkan, itu mental pemenang,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *