Jokowi Hadir dalam Upacara 17 Agustus 2023 dengan Balutan Baju Raja Pakubuwono Surakarta

Jokowi Hadir dalam Upacara 17 Agustus 2023 dengan Balutan Baju Raja Pakubuwono Surakarta
Jokowi memakai baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kasunann Surakarta Hadiningrat/Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres

Kanaltujuh.com

Presiden Joko Widodo memakai pakaian tradisional Ageman Songkok Singkepan Ageng ketika mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Kamis (17/8/2023).

Iklan

Bey Machmudin, Deputi Bidang Pers, Protokol, dan Media di Sekretariat Presiden, menjelaskan bahwa pakaian yang dipilih oleh Jokowi adalah yang sama yang dikenakan oleh raja-raja Pakubuwono Surakarta.

“Presiden Joko Widodo mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng. Ageman ini dipakai oleh para raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji,” kata Bey dalam keterangan tertulis dikutip dari Kompas.com, Kamis.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Tinjau Pusat Pelatihan PSSI di Ibu Kota Nusantara, Siap Digunakan September

Bey menguraikan bahwa Enggar Eggar soho Tedhak Loji adalah sebuah perhelatan di mana sang raja meninggalkan istana dengan menaiki kereta kuda, diiringi oleh pengawal keraton, guna secara langsung menyaksikan situasi masyarakat.

“Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah),” ujar Bey.

Sebagai informasi, Jokowi sering kali berbusana tradisional saat mengikuti upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada tahun 2022, Jokowi memilih mengenakan busana tradisional dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Tinjau Pusat Pelatihan PSSI di Ibu Kota Nusantara, Siap Digunakan September

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *