Guncangan Gempa Magnitudo 7,4 Menerjang Tanahbumbu, Terasa di Banyak Daerah

Guncangan Gempa Magnitudo 7,4 Menerjang Tanahbumbu, Terasa di Banyak Daerah
Guncangan Gempa Magnitudo 7,4 Menerjang Tanahbumbu, Terasa di Banyak Daerah/Foto: Pixabay

Kanaltujuh.com –

Gempa dengan kekuatan 7,4 menggetarkan Tanahbumbu, Kalimantan Selatan, dini hari Selasa (29/8/2023). Menurut BMKG, gempa tersebut terjadi pukul 02.55 WIB dan berpusat di titik koordinat 4,38 LS dan 116,9 BT, sekitar 180 kilometer di sebelah Tenggara Tanahbumbu.

Iklan

Gempa tersebut terjadi di perairan dengan kedalaman 10 kilometer.

Menurut data dari BMKG, guncangan gempa dirasakan dengan skala MMI V di Kuta, dan skala MMI IV di Gianyar, Denpasar, Waingapu, dan Lombok.

Getaran gempa di Tanahbumbu juga dirasakan hingga ke Karangkates, Kuta Selatan, dan Tabanan dengan skala MMI III, serta di Trenggalek, Bantul, dan Blitar dengan skala MMI II.

Skala V mengindikasikan kemungkinan terjadinya kerusakan yang serius, sementara skala IV menunjukkan adanya potensi kerusakan sedang. Skala III mengandung risiko kerusakan yang lebih rendah, sementara skala II hanya menghasilkan sensasi dirasakannya gempa oleh masyarakat tanpa menyebabkan kerusakan.

Pada informasi awal, gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Namun, BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan gempa susulan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga:
Presiden Jokowi Tinjau Pusat Pelatihan PSSI di Ibu Kota Nusantara, Siap Digunakan September

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *