Prabowo-Gibran Raih Kemenangan Besar di TPS Solo, Gibran: Proses Pemilu Lancar

Kanaltujuh.com –

Pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, meraih kemenangan besar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 34, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (14/02/2024).

Iklan

Gibran Rakabuming Raka menggunakan TPS tersebut untuk memberikan suaranya.

Dalam penghitungan suara, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memperoleh 6 suara, sementara Prabowo-Gibran meraih 110 suara, dan Ganjar Mahfud mendapatkan 53 suara. Ada juga 2 suara tidak sah yang tercatat. Petugas KPPS sempat melakukan penghitungan ulang karena terdapat perbedaan antara jumlah surat suara dengan total suara.

Total pemilih yang terdaftar di TPS tersebut adalah 182.

Sebelumnya, Gibran adalah kontestan terakhir dalam pemilihan presiden yang menggunakan hak suaranya di TPS Manahan.

Gibran tiba di TPS bersama istrinya, Selvi Ananda, sekitar pukul 11.07 WIB, lebih siang dibandingkan dengan calon lainnya. Dia menyatakan bahwa kedatangannya di TPS pada siang hari tidak memiliki maksud khusus, mengatakan bahwa datang pagi atau siang sama saja baginya.

“Ya enggak apa apa kan, sama aja datang pagi, datang siang,” kata Gibran usai mencoblos.

Gibran mengatakan bahwa ia tidak melakukan persiapan khusus sebelum pergi ke TPS, dan setelah memberikan suaranya, ia langsung pulang ke rumahnya.

“Enggak ada persiapan khusus. Datang, coblos, pulang,” katanya.

Gibran, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo, menyatakan bahwa proses Pemilu di Solo berjalan dengan tertib dan lancar.

“Saya kira semua berjalan lancar ya,” kata Gibran.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menggunakan hak pilihnya di TPS 002 di Jalan Slamet RT 5 RW 1 Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Nana tiba di TPS sekitar pukul 09.30 WIB saat hujan gerimis. Dia antri bersama warga lain tanpa perlakuan khusus.

Pemilu 2024 adalah pemilihan pertama bagi Nana setelah pensiun dari Polri pada 2023. Dia merasa senang bisa memberikan suaranya sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

“Sebagai warga negara yang baik, saya mempunyai hak untuk memilih dan tadi sudah kami laksanakan. Ini merupakan suatu bentuk partisipasi saya selaku warga, dan ini saya lakukan dengan senang hati. Karena ini baru pertama kali saya lakukan selaku pemilih pemula,” tuturnya.

Ketua KPPS TPS 002, Prahanto Yudo mengatakan bahwa meskipun hujan deras sempat mengganggu, antusiasme warga untuk mencoblos di TPS 002 cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *