Harga Beras Naik, Dinas Ketahanan Pangan Dan Bulog Tulungagung Gelar Bazar Pangan Murah

Harga Beras Naik, Dinas Ketahanan Pangan Dan Bulog Tulungagung Gelar Bazar Pangan Murah
Harga Beras Naik, Dinas Ketahanan Pangan Dan Bulog Tulungagung Gelar Bazar Pangan Murah/Foto: Tribunjatim.com

Tulungagung, Kanaltujuh.com –

Dinas Ketahanan Pangan bersama Bulog Tulungagung menggelar Bazar Pangan Murah di Balai Desa Sumberejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Rabu (15/02/2023).

Iklan

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung Hari Pujianto menyampaikan Bazar Pangan Murah ini sebagai upaya menekan harga komoditi pangan yang mulai naik, khususnya beras medium.

“Beras medium melambung di atas HET (Harga Eceran Tertinggi) yang sudah ditetapkan,” kata Hari dikutip dari TribunJatim.com.

Hari kemudian melanjutkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium dibandrol harga 9.450 per kilogram, sementara harga dipasaran saat ini mencapai 12 ribu hingga 13 ribu per kilogram. Sementara dalam bazar ini sebutnya beras jenis SPHP medium dijual Rp 43 ribu per 5 kilogram, atau Rp 8.600 per kilogram.

Baca Juga:
Mas Ipin dan Syah Natanegara Resmi Daftarkan Diri Sebagai Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 2024

“Harapannya dengan Bazar Pangan Murah ini bisa menekan harga di pasaran,” ucapnya.

Sementara untuk beras premium Sentra Bramos dijual Rp 58 ribu per kilogram. kemudian beras premium merek Beras Kita dijual 56 ribu per 5 kilogram. Sedangkan terigu Kita dijual Rp 12 ribu per kilogram dan Gula Kita 13.500 per kilogram.

“Termasuk minyak goreng, kami juga sediakan. Tapi kami belum bisa menyediakan minyak yang Rp 14.000 per liter,” terangnya.

Hari mengakui saat ini Minyak Kita yang dipatok dengan harga Rp 14 ribu per liter sulit ditemui. Pihaknya juga sudah berupaya menghubungi distributor dan minta bantuan Bulog untuk menghadirkan minyak goreng murah ini. Namun ternyata pasokan Minyak Kita terbatas dan tidak bisa dihadirkan dalam bazar ini.

Baca Juga:
Anggota Dewan Termuda Trenggalek Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Rakyat

“Yang ada Merek Sofia kami jual Rp 17 ribu per liter dan Milis Mas Rp 16 ribu per liter,” ungkap Hari.

Bazar Pangan Murah ini menggandeng Bulog dan kelompok binaan Dinas Ketahanan Pangan.Kelompok binaan ini yang memasok kebutuhan lain, seperti cabai rawit, cabai keriting, bawang merah dan aneka sayur mayur. Hari menjamin harga di bazar ini lebih murah dibanding harga di pasaran.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulungagung telah mengalokasikan dana untuk operasi pasar. Selama tahun 2023 ini setidaknya telah diagendakan 4 kali operasi pasar, salah satunya di Desa Blimbing, Kecamatan Rejotangan.

Baca Juga:
Pulang dari Surabaya, Pemuda Lamongan Dikeroyok Gerombolan Pria Bermotor

Dinas Ketahanan Pangan juga masih mengupayakan penambahan anggaran agar bisa melaksanakan lebih banyak operasi pasar.

“Tujuan kami masyarakat bisa terlayani, bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau,” ucapnya.

Dalam bazar ini disediakan 2 tom beras medium. Beras ini yang paling banyak diminati dan hampir habis dalam waktu kurang dari 2 jam.

Baca Juga:
Warga Sukodadi Lamongan Diancam Dibunuh Saat Nagih Hutang dan Motor Dirusak, Begini Kronologinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *