Tiongkok Catat Sejarah! Berhasil Mendaratkan Pesawat Ruang Angkasa Tanpa Awak di Mars

Tiongkok, Kanaltujuh.com

Dilansir dari Reuters, pesawat luar angkasa tanpa awak milik Tiongkok berhasil mendarat di permukaan Mars pada hari Sabtu (15/5), kantor berita negara Xinhua melaporkan, hal tersebut menjadikan Tiongkok sebagai negara penjelajah luar angkasa kedua setelah Amerika Serikat yang berhasil mendarat di Planet Merah. Pesawat ruang angkasa Tianwen-1 mendarat di sebuah situs di dataran luas yang dikenal sebagai Utopia Planitia,

Iklan

“meninggalkan jejak Tiongkok di Mars untuk pertama kalinya,” kata Xinhua.

Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengeluarkan pesan ucapan selamat kepada semua orang yang terlibat dalam misi tersebut.

“Anda cukup berani untuk tantangan, mengejar keunggulan dan menempatkan negara kami di jajaran lanjutan eksplorasi planet,” katanya.

“Prestasi luar biasa Anda akan selamanya terukir dalam ingatan ibu pertiwi dan rakyat.”

Pesawat meninggalkan orbitnya yang diparkir sekitar 17.00 GMT, Jumat (01.00 waktu Beijing, Sabtu). Modul pendaratan dipisahkan dari pengorbit tiga jam kemudian dan memasuki atmosfer Mars, kata pejabat China Space News.

Dikatakan proses pendaratan terdiri dari “sembilan menit teror” saat modul melambat dan kemudian perlahan turun.

Waktu pendaratan resmi adalah 23.18 GMT (07.18 waktu Beijing), kata Xinhua, mengutip Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok. Penjelajah membutuhkan lebih dari 17 menit untuk membuka panel surya dan antena untuk kemudian mengirim sinyal ke pengontrol darat lebih dari 320 juta kilometer jauhnya.

Robot penjelajah, bernama Zhurong, sekarang akan mensurvei lokasi pendaratan sebelum berangkat dari peronnya untuk melakukan inspeksi. Robot tersebut dinamai Zhurong sesuai dengan nama dewa api dalam mitologi Tiongkok.

Zhurong sendiri memiliki enam instrumen ilmiah termasuk kamera topografi yang beresolusi tinggi. Ini akan mempelajari permukaan tanah dan atmosfer planet. Zhurong juga akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno, termasuk air dan es di bawah permukaan, menggunakan radar penembus tanah.

Tianwen-1, atau “Pertanyaan ke Surga”, diambil dari sebuah puisi Tiongkok yang ditulis dua milenium lalu, adalah misi independen pertama China ke Mars. Sebuah wahana yang diluncurkan bersama dengan Rusia pada tahun 2011 namun gagal meninggalkan orbit Bumi.

Pesawat luar angkasa seberat lima ton itu diluncurkan dari pulau Hainan di Cina selatan pada Juli tahun lalu, diluncurkan oleh roket Long March 5.

Setelah lebih dari enam bulan transit, Tianwen-1 mencapai Planet Merah pada Februari di mana ia berada di orbitnya sejak saat itu.

Jika Zhurong berhasil dikerahkan, Tiongkok akan menjadi negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan melepaskan penjelajah dalam misi perdananya ke Mars.

Tianwen-1 adalah salah satu dari tiga yang mencapai Mars pada bulan Februari, dengan penjelajah AS, Perseverance, berhasil mendarat pada 18 Februari dalam depresi besar yang disebut Kawah Jezero, lebih dari 2.000 km dari Utopia Planitia.

Hope – pesawat ruang angkasa ketiga yang tiba di Mars pada Februari tahun ini – tidak dirancang untuk melakukan pendaratan. Diluncurkan oleh Uni Emirat Arab, saat ini mengorbit di atas Mars mengumpulkan data tentang cuaca dan atmosfernya.

Pendaratan pertama yang berhasil dilakukan oleh NASA Viking 1 pada Juli 1976 dan kemudian oleh Viking 2 pada September tahun itu. Sebuah penyelidikan Mars yang diluncurkan oleh bekas Uni Soviet mendarat pada Desember 1971, tetapi komunikasi terputus beberapa detik setelah pendaratan.

Pewarta : Kanaltujuh.com

Editor : Fabian Kalijaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *