Jelang Libur Lebaran, Pemkab Trenggalek Buka 3 Pintu Masuk Pantai Prigi

Jelang Libur Lebaran, Pemkab Trenggalek Buka 3 Pintu Masuk Pantai Prigi
Jelang Libur Lebaran, Pemkab Trenggalek Buka 3 Pintu Masuk Pantai Prigi/Foto: Istimewa

Trenggalek, Kanaltujuh.com –

Guna mengantisipasi meningkatnya jumlah pengunjung wisata di Pantai Prigi pada libur lebaran tahun ini, Dinas Pariwisata Trenggalek akan membuka tiga jalur pintu masuk.

Iklan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek melalui Kepala Bidang Destinasi Tony Widianto menjelaskan bahwa dibukanya tiga jalur menuju kawasan wisata Pantai Prigi sebagai langkah untuk menghindari adanya kemacetan dan kerumunan.

“Tiga jalur masuk kawasan Prigi itu ada di jalur tengah, jalur timur dan jalur barat,” kata Tony di ruang kerjanya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga:
Anggota Dewan Termuda Trenggalek Berkomitmen Perjuangkan Aspirasi Rakyat
Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Trenggalek, Tony Widianto/ Foto: Kanaltujuh.com

Tony menjelaskan jalur tengah itu berada di terminal wisata, kemudian untuk jalur timur berada disebelah patung nelayan dan untuk jalur barat berada di depan Rusunawa.

Rencana dibukanya tiga jalur tersebut kata dia masih perlu untuk dikoordinasikan lebih lanjut, pasalnya dengan dibukanya tiga jalur tersebut tentu dibutuhkan adanya penempatan petugas retribusi di tiap titiknya.

Adapun harga masuk di tiap titik pintu masuk kawasan wisata Pantai Prigi adalah 10 ribu per orang.

Tony lalu menjelaskan yang menjadi alasan dibukanya tiga pintu masuk tersebut karena untuk mengantisipasi adanya kerumunan di satu titik.

Baca Juga:
KOMMAK Desak Kejati Jatim Ambil Alih Kasus Korupsi di Lamongan

Selain itu sebutnya rencana dibukanya tiga akses pintu masuk ke kawasan wisata Pantai Prigi sebagai bentuk uji coba sekaligus menjawab keluhan dari para wisatawan.

“Selama ini banyak yang mengeluhkan kalau parkirnya ditengah jalan kakinya terlalu jauh,” ungkapnya.

Diharapkan dengan dibukanya tiga jalur tersebut tidak ada lagi kendaraan yang melintas di depan area Prigi 360.

Ia juga mengajak pada para pelaku biro perjalanan agar bisa memanfaatkan sarana dan prasarana serta memanfaatkan ruang yang ada di kawasan wisata Pantai Prigi.

Menurutnya para pelaku biro perjalanan ketika membawa para wisatawan, biasanya banyak yang diarahkan ke kawasan Pantai Mutiara dan Pantai Pasir Putih.

Baca Juga:
45 Anggota DPRD Trenggalek 2024-2029 Resmi Dilantik, Bupati Ucapkan Selamat dan Apresiasi

“Sementara Pantai Prigi itu juga tidak kalah luas, malah justru kalau kegiatan berkelompok lebih kami sarankan untuk di Pantai Prigi,” pintanya.

Adapun jumlah wisatawan di kawasan wisata Pantai Prigi nantinya akan dibatasi maximal 75 persen. Hal ini sebutnya mengacu pada Kemendagri 22 tahun 2022 dimana Kabupaten Trenggalek masih berada di level II.

“Tapi dari yang selama ini kami terapkan di Pantai Prigi maupun yang lain, itu 50 persen saja susah untuk terpenuhi,” ujarnya.

Baca Juga:
Mas Ipin dan Syah Natanegara Resmi Daftarkan Diri Sebagai Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *