Peringati HUT PMI Ke-79, PMI Trenggalek Berikan Bantuan Kursi Roda dan Air Bersih Bagi Warga Terdampak Kekeringan.

Peringati HUT PMI Ke-79, PMI Trenggalek Berikan Bantuan Kursi Roda dan Air Bersih Bagi Warga Terdampak Kekeringan.
foto: Mulyadi (kiri) Ketua PMI Trenggalek saat memberikan bantuan kursi roda bagi Wraga Trenggalek

Trenggalek,Kanaltujuh.com

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun PMI (Palang Merah Indonesia) ke-79 digelar di pelataran kantor PMI jalan Dr. Soetomo Kabupaten Trenggalek, Selasa (17/9/2024).

Ketua PMI Trenggalek Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema yang diambil PMI pada peingatan HUT yang ke-79 ini adalah Aksi Adaptasi Iklim.

Mulyadi melanjutkan berdasarkan undang-undang nomor 01 tahun 2018 tentang kepalangmerahan disebutkan bahwa untuk menjalankan berbagai kegiatan kepalangmerahan antara lain penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, penanganan masalah sosial serta pendidikan serta pelatihan dalam rangka pembinaan generasi muda dan berbagai tugas kemanusian lainnya.

“Tentunya ini harus dilaksanakan sesuai yang dibacakan yaitu prinsip-prinsip dasar kemanusian,” kata Mulyadi dalam sambutannya.

Secara detail mantan Bupati Trenggalek dua periode (2000-2005 dan 2010-2015) ini menjelaskan tentang prinsip dasar kemanusian meliputi kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

“Ini semua harus dipahami oleh unsur-unsur PMI, baik itu pengurus, baik itu anggota PMI yang ada di kecamatan, pengurus PMI kecamatan, demikian juga karyawan dan karyawati PMI dan tentunya tidak lepas adalah Dewan Kehormatan,” jelasnya.

Mulyadi juga menyampaikan ucapan terima kasih pada para Dinas dan instansi atau yang lain yang telah mendapat penghargaan dari PMI.

Selain memberikan penghargaan, PMI Trenggalek dalam kesempatan tersebut juga memberikan bantuan kursi roda bagi masyarakat yang membutuhkan. Masyarakat kata Mulaydi jika membutuhkan bantuan kursi roda bisa mengajukan permohonan yang ditujukan pada kantor PMI Trenggalek.

“Namun demikian ketika kursi roda itu nanti yang penderitanya sudah sembuh atau yang lain, harap digilir kepada siapa yang membutuhkan,” terangnya.

Selain memberikan bantuan kursi roda, PMI juga menyediakan ambulan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan transportasi dalam lingkup wilayah Kabupaten Trenggalek. Kendati demikian jika ambulan tersebut digunakan untuk transportasi luar Kabupaten Trenggalek maka dikenakan tarif.

Mulyadi juga menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak sekolah dan masyarakat yang telah memberikan donor darah secara mandiri pada pihak PMI belakangan ini.

Pada peringatan HUT PMI ke-79, PMI Trenggalek juga memberikan bantuan air bersih yang diangkut oleh 2 kendaraan tangki yang akan diberikan pada warga terdampak kekeringan di desa Ngares dan Pogalan serta desa lain yang membutuhkan.

“Kepada PMI Kecamatan, jika ada daerah yang membutuhkan air bersih, silahkan mengajukan ke PMI. Insyallah dengan segala kekuatan PMI akan kita usahakan, akan kita layani dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Mulyadi pada Dinas dan Instansi yang telah memberikan kontribusi besar pada bulan dana PMI beberapa wakyu yang lalu. Adapun Dinas dan Instansi tersebut adalah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Kantor Kemetrian Agama Trenggalek, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Dinas kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soedomo, Cabang Dinas Pendidikan wilayah Tulungagung di Trenggalek.

“Akhirnya mari kita semua senantiasa mendedikasikan diri untuk melakukan kegiatan kemanusiaan melalui PMI. Tingkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk melakukan aksi adaptasi iklim. Saya pesan pada anak-anaku sekalian, para PMR, bibit yang diberikan adalah bibit Pule, bibit yang langka. Silahkan dirawat dengan baik. Ajaklah teman-teman anda untuk merawat sehingga bisa hidup semuanya,” tutupnya.

Exit mobile version