Kejati Jatim Selamatkan Rp 1,5 Triliun Uang Negara Sepanjang Tahun 2021

Kejati Jatim Selamatkan Rp 1,5 Triliun Uang Negara Sepanjang Tahun 2021
Gedung Kejaksaan Tinggi Jawa Timur/Foto: JatimNet

Surabaya, Kanaltujuh.com –

Bidang Pidana Khusus, Intelijen, dan Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 1,5 triliun sepanjang tahun 2021. 

Kajati Jatim, Mohamad Dofir, Senin (3/1/2022) menyebut penyelamatan uang negara sebesar Rp 1,5 triliun tersebut salah satunya dari berasal dari pengembalian aset negara berupa tanah dan bangunan dengan total luas 2.032 meter persegi.

“Penyelamatan keuangan negara dari bidang Datun, Pidsus, dan Intelijen total sebesar Rp 1,5 triliun,” jelas Mohamad Dofir, Senin (3/1/2022). 

Baca Juga:
Foto Wabup Lamongan Tak Muncul di Banner Ucapan Selamat Datang Pemudik, Ada Apa?

Beberapa aset negara yang telah berhasil diselamatkan diantaranya, aset di Jl Kalisari dengan luas 1.190 meter persegi senilai sekitar Rp 4 miliar, aset di Jl Kalisari I dengan luas lahan 578 meter persegi senilai Rp 1,9 miliar, aset di Jl Sariboto I dengan luas 264 meter persegi senilai Rp 891 juta.

“Banyak laporan (hilangnya aset negara) dilatarbelakangi oleh keberhasilan Kejati Jatim dalam mengembalikan aset negara milik Pemkot Surabaya,” jelasnya. 

Lebih lanjut, kata Dofir, penindakan secara hukum akan dilakukan apabila pihak yang menguasai aset negara enggan mengembalikan.

Baca Juga:
Kadis Pariwisata Trenggalek Ingatkan Kesadaran Berwisata Saat Libur Lebaran

“Kami juga berhasil menyelamatkan aset milik Pemprov Jatim, salah satunya aset PT PWU (Panca Wira Usaha),” terangnya. 

Sebelumnya nilai penyelamatan keuangan negara oleh Kejati Jatim tahun ini naik dibanding pada 2020 lalu. Saat itu, Kejati Jatim berhasil menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 697 miliar.

Baca Juga:
Sanggar Senam YN Trenggalek Bagi-Bagi Ratusan Takjil Pada Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *