Persiapan Pemilu 2024, KPUD Trenggalek Sosialisasi Ke DPC PDIP Trenggalek

Persiapan Pemilu 2024, KPUD Trenggalek Sosialisasi Ke DPC PDIP Trenggalek
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Trenggalek menggelar sosialisasi Pemilu 2024 di Gedung DPC PDIP Trenggalek, Selasa (4/1/2022)/Foto: Herman

Trenggalek, Kanaltujuh.com –

Dalam rangka persiapan Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan kepala daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Trenggalek menggelar sosialisasi secara maraton pada sejumlah Partai Politik.

Iklan Komindag

Ketua KPUD Trenggalek, Gembong Derita mengatakan sosialisasi ini merupakan bagian dari program KPUD Trenggalek untuk mendatangi semua Partai Politik yang ada di Kabupaten Trenggalek.

“Sehingga, karena serentak dan itu hal baru, kita perlu sosialisasi ke Partai Politik,” kata Gembong di Gedung DPC PDIP Kabupaten Trenggalek, Selasa (4/12/2022).

Yang kedua, sambungnya, evaluasi tentang layanan KPU terhadap Parpol selama ini seperti apa. Apakah selama ini Parpol merasa puas atau tidak, ataukah terdapat usulan yang ingin disampaikan ke KPUD Trenggalek.

Baca Juga:
Rakor DPRD Trenggalek dan OPD Bahas Ranwal APBD 2024

“Itu yang hari ini kita bangun,” terangnya.

Gembong menerangkan bahwa pada dasarnya KPU memiliki tugas untuk melayani Partai Politik, karena Parpol itu merupakan peserta pada pemilu maupun pemilihan.

Oleh karena itu, kata dia, kehadirannya di Kantor DPC PDIP Trenggalek ingin memastikan kesiapan parpol tentang verifikasi Parpol dan kesiapan Parpol di lini grass root. Verifikasi itu Parpol meliputi administrasi, aplikasi dan daftar pemilih.

“Sehingga pada saat pemilihan atau pemilu, ini kita sudah siap melakukan hal – hal tersebut,” urainya.

Lebih lanjut, kata Gembong, tentang adanya kemungkinan pengembangan jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) di Pileg 2024 mendatang. Menurutnya Dapil nanti penetapannya di akhir 2022 atau di awal 2023.

Baca Juga:
Komisi I Minta PJ Kades Ngulan Wetan Segera Isi Kekosongan Jabatan Perangkat Desa dan Laksanakan APBDes

Kendati demikian, Gembong menyampaikan terdapat kemungkinan jumlah Dapil tetap seperti Pileg sebelumnya yakni 4 Dapil namun beda kecamatan.

“Hari ini sedang di proses di KPU,” tutupnya.

Senada dengan Ketua KPUD Trenggalek, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Trenggalek Doding Rachmadi menyampaikan kedatangan KPUD Trenggalek dalam rangka persiapan Pileg dan Pilkada 2024.

“Jadi kita itu biar komunikasinya intensif, sehingga Pilkada 2024 bisa berjalan lancar,” kata Doding.

Doding kemudian menyampaikan sosialisasi dari KPUD Trenggalek ini diikuti oleh jajaran pengurus dan Fraksi DPC PDIP Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga:
Komisi I Dorong Pemdes Ngulan Kulon, Segera Koordinasi Dengan Kecamatan Agar APBDes 2023 Tidak Macet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *