Berikut Ini Jadwal Debat Capres dan Cawapres Serta Formatnya

Berikut Ini Jadwal Debat Capres dan Cawapres Serta Formatnya
Berikut Ini Jadwal Debat Capres dan Cawapres Serta Formatnya

Kanaltujuh.com –

Pada Selasa (12/12/2023), ketiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden 2024 akan mengikuti debat perdana.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat bagi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden 2024. Debat tersebut direncanakan akan diadakan sebanyak lima kali.

Dari bulan Desember 2023 hingga Februari 2024, rencananya akan diselenggarakan serangkaian debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Debat perdana Pilpres 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023. Terkait waktu pelaksanaan debat Capres-Cawapres 2024, August Mellaz, Komisioner KPU RI, menyatakan bahwa acara tersebut dijadwalkan akan dimulai pukul 19.00 WIB.

Baca Juga:
Tak Semua Rekomendasi Bawaslu Soal PSU Dipenuhi KPU

“Rencananya dijadwal akan dimulai jam 19.00 WIB. Kalau penyiaran prime time,” jelas Komisioner KPU RI August Mellaz di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023).

Berikut jadwal debat capres-cawapres 2024:

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023
Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023
Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024
Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024

Debat capres-cawapres Pilpres 2024 akan disiarkan langsung melalui stasiun TV dan radio. Dijelaskan oleh Komisioner KPU RI August Mellaz, berikut daftar stasiun TV dan radio yang menyiarkan debat capres-cawapres 2024:

Baca Juga:
Prabowo Kunjungi SBY di Pacitan, Pakar: Bentuk Penghormatan dan Konsolidasi

Debat Pertama: TVRI dan RRI
Debat Kedua: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV
Debat Ketiga: MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV
Debat Keempat: SCTV, Indosiar, dan MetroTV
Debat Kelima: TVOne, ANTV, Net TV, dan Garuda TV

Terkait lokasi debat kemungkinan akan berlangsung di Jakarta. KPU mempertimbangkan jika digelar di luar Jakarta, akan ada masalah mobilisasi.

“Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua,” jelas Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Nantinya, debat perdana yang dijadwalkan pada Selasa, 12 Desember 2023, akan berlangsung di Kantor KPU RI. Akan tetapi, untuk debat di waktu yang lain, masih belum diketahui pasti.

Baca Juga:
Jokowi Dukung Kinerja TNI-Polri Pemilu 2024, Kritik Dari PDIP Munculkan Kontroversi

Masing-masing debat mengusung tema yang berbeda-beda. Di samping itu, berdasarkan keterangan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, debat Pilpres 2024 dibagi menjadi tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres.

Di bawah ini merupakan tema dan format debat capres-cawapres 2024:

  1. Tema debat pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga
  2. Tema debat kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan
  3. Tema debat ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik
  4. Tema debat keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa
  5. Tema debat kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi
Baca Juga:
Dituding Pakai Server Luar Negeri Untuk Simpan Data Sirekap, KPU Beri Jawaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *