Hasil Survei SPIN : Prabowo-Gibran Unggul Dengan Elektabilitas Sebesar 50,9%

Kanaltujuh.com –

Lembaga survei SPIN baru-baru ini merilis hasil elektabilitas untuk tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden menjelang Pilpres 2024.

Iklan

Dalam survei yang melibatkan 2.178 responden dilaksanakan pada 8 hingga 14 Januari 2024 dengan metode multistage random di 38 provinsi Indonesia, pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan elektabilitas mencapai 50,9%, mengungguli dua pasangan calon lainnya, yaitu Ganjar-Mahfud dengan 23,5% dan Anies-Cak Imin dengan 18,7%, serta TT/TJ 6,9%.

Hasil survei juga menyoroti keinginan mayoritas responden untuk Pemilu 2024 berlangsung dalam satu putaran.

Baca Juga:
Trenggalek Sukses Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Digrantara, menekankan peningkatan elektabilitas Prabowo-Gibran dan mengaitkannya dengan penurunan dukungan terhadap pasangan Anies-Muhaimin, yang disebut sebagai dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo.

“Melihat keinginan publik agar Pemilu berjalan satu putaran, tampaknya terlihat dari terus meningkatnya elektabilitas pasangan calon Prabowo-Gibran. Survei per awal Januari 2024 ini, perolehan suara dukungan terhadap paslon no urut 2 meningkat menjadi
50,9%,” demikian paparan survei, Senin (15/01/2024).

“Sementara paslon no urut 1 dan 3 tampaknya terus mengalami degradasi. Terutama paslon Anies-Muhaimin, cukup dalam terkoreksi. Koreksi dukungan tersebut merupakan dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo. Keinginan Anies untuk mendapatkan peningkatan poin dukungan justru yang memeroleh poin dukungan Prabowo,” lanjutnya.

Baca Juga:
Pemkab Trenggalek Raih Juara 1 Lomba Video Kreatif di APKASI Otonomi Expo 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *