Menko Luhut Minta Masyarakat Tak Isolasi Mandiri di Rumah

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pemerintah daerah membujuk masyarakat yang isolasi mandiri di rumah untuk pindah ke selter terpadu.

Iklan Komindag

“Kami dapat laporan di Sleman ini total ada sekitar 6.000 warga isoman di rumah, sementara yang isolasi di selter hanya 234 orang, ini harus sebanyak mungkin dipindahkan agar tidak menulari lainnya,” jelasnya saat meninjau vaksinasi massal di Kabupaten Sleman, Jumat, (6/8).

Dia mengatakan gerakan besar-besaran memindah pasien yang isolasi di rumah ke shelter ini penting karena mengingat keganasan varian Delta.

Baca Juga:
Sri Mulyani: Kita Optimis Hadapi Perekonomian Tahun 2023

“Varian ini sangat berbahaya karena dia menyerang pernapasan. Kalau sekali dia masuk tubuh dan saturasi oksigen yang terpapar di bawah 95, lalu turun di bawah 90 dan tidak ditangani, kemungkinan untuk meninggal sangat tinggi,” Ujarnya.

Ia mengatakan banyak pasien isolasi meninggal di rumah karena tak ada yang memantau saturasi oksigen.

“Solusinya memang harus isolasi terpusat di selter karena semua ada fasilitasnya, ada dokternya dan ada obatnya,”ucap Luhut.

Atas hal tersebut Luhut meminta pemerintah daerah bersama Polri dan TNI datang ke rumah warga mencari yang masih isolasi mandiri di rumah agar mau pindah isolasi di shelter. Ia juga meminta daerah menggencarkan tracing dan testing agar memenuhi standar WHO 15 + 1.

Baca Juga:
Menjadi Pembicara di Talkshow, Wagub Bali TjokOka Sebut Pertahun Ada Kebocoran 161 Triliun

“Agar lekas ketemu yang tertular dan mendapat pengobatan lebih dini,” kata Luhut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *