Hasil Survei LSI Terbaru: Prabowo Memimpin Dalam Perolehan Suara Pilpres 2024

Hasil Survei LSI Terbaru: Prabowo Memimpin Dalam Perolehan Suara Pilpres 2024

Kanaltujuh.com –

Menurut survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra, menempati peringkat pertama sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi kedua dan ketiga.

Iklan

Dalam semua simulasi yang dilakukan, Prabowo, Ganjar, dan Anies selalu menduduki tiga posisi teratas. Dalam simulasi dengan empat kandidat, misalnya, Prabowo memperoleh suara tertinggi dengan 33,1 persen, disusul oleh Ganjar dengan 31,8 persen, dan Anies dengan 25,3 persen. Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani menempati posisi terakhir dengan perolehan suara 2,2 persen.

“Dalam simulasi tertutup 4 nama, survei dilakukan sebelum pengumuman Ganjar capres, sehingga nama Puan masih masuk. Dalam simulasi itu Prabowo unggul sedikit dibandingkan Ganjar, disusul Anies dan Puan,” kata Direktur LSI Djayadi Hanan dalam keterangannya, Rabu, 3 Mei 2023.

Djayadi menjelaskan bahwa dari Januari hingga April 2023, dukungan terhadap Prabowo semakin meningkat. Sementara itu, dukungan terhadap Ganjar menurun sejak Februari hingga awal April, namun kembali menguat pada pertengahan April.

Djayadi juga mengatakan bahwa dukungan terhadap Anies cenderung meningkat, namun tidak sebesar Prabowo sehingga posisi ketiga tetap dipegang oleh Anies, dengan Prabowo dan Ganjar tetap berada di posisi pertama dan kedua.

“Nama-nama lain juga dinamis, tapi tidak ada yang mengalami peningkatan signifikan,” kata dia.

LSI melakukan survei pada tanggal 12-17 April 2023 dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Pewawancara yang telah dilatih wawancara responden secara tatap muka. LSI menyatakan bahwa margin of error dari survei ini sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *