Festival Mangrove Ke-4, Khofifah dan Arifin Kompak Tanam Mangrove

Trenggalek, Kanaltujuh.com

Festival Mangrove Ke-4 digelar oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Pancer Cengkrong Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Sabtu (27/5/2023).

Iklan

Dalam keterangannya seperti dikutip dari Prokopim Trenggalek, Khofifah mengatakan penanaman mangrove digelar secara rutin dengan melibatkan berbagai komunitas.

“Kita memang secara rutin melakukan penanaman mangrove. Rasanya hampir di semua titik dimana hutan mangrove kita sudah sempat menanam bersama banyak komunitas. Akhirnya kita putuskan untuk maksimalkan hilirisasi dari apa yang bisa kita bangun ketika ekosistem mangrove itu sudah terbentuk,” kata Khofifah.

Baca Juga:
Warga Sukodadi Lamongan Diancam Dibunuh Saat Nagih Hutang dan Motor Dirusak, Begini Kronologinya

“Hari ini adalah festival mangrove ke-4, selain kita menanam kita juga tabur benih ikan dan juga melepas liarkan burung. Nanti kawan kawan juga bisa melihat ekologi terbangun, edu wisata dan ekonomi terbangun dan tentu kita berharap ini nanti menjadi bagian dari kontribusi Jawa Timur untuk oksigen Indonesia dan oksigen dunia,” terangnya.

Lebih lanjut Khofifah menjelaskan dalam festival mangrove dirinya kerap menyampaikan pentingnya sedekah oksigen. Alasannya karena secara saintifik tanaman mangrove mampu menyerap karbon sampai 5 kali lebih besar dari tanaman yang ada di daratan.

Baca Juga:
Pulang dari Surabaya, Pemuda Lamongan Dikeroyok Gerombolan Pria Bermotor

“Ketika memiliki efektivitas yang tinggi tentu ini adalah bagian yang dibutuhkan oleh dunia dari ekologi yang kita bangun semaksimal mungkin dari kontribusi yang melibatkan seluruh elemen masyarakat,” jelasnya.

Sementara Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam kesempatan yang sama menyampaikan setiap kali Khofifah berkunjung ke Kabupaten Trenggalek selalu konsen terhadap lingkungan hidup dan ekonomi.

“Ingat ibu gubernur pertama kali datang ke sini, di Desa Sukorejo menanam pohon di Desa Sukorejo. Sampai sekarang pada festival mangrove ke- 4 ini menekankan ekosistem mangrove ini menjadi salah satu ekosistem penting, Bukan hanya di sisi ekologi tapi juga si sisi ekonomi, karena ini juga di display beberapa produk hilirisasi.” kata Arifin.

Baca Juga:
KOMMAK Desak Kejati Jatim Ambil Alih Kasus Korupsi di Lamongan

Arifin mengatakan potensi blue ekonomi tanpa harus mengekstraksi apapun dengan potensi wisata dan ini sudah berjalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *