Kolom  

Dekarbonisasi Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Andhika Wahyudiono, Dosen UNTAG Banyuwangi/Foto: Kanaltujuh.com
Andhika Wahyudiono, Dosen UNTAG Banyuwangi/Foto: Kanaltujuh.com

PT Putra Perkasa Abadi (PPA) dan PT Antareja Mahada Makmur (AMM), yang merupakan anak perusahaan PPA, telah menggandeng Pertamina Patra Niaga dalam upaya dekarbonisasi. Hal ini dilakukan dengan memasukkan Ultra Low Sulphur Gasoil dan Green Diesel ke dalam Program Pertamina One Solution. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Coaltrans Asia ke 28 di Bali pada tanggal 26 September sebagai bentuk kerjasama antara PPA Grup dan Pertamina Patra Niaga.

Ultra Low Sulphur Gasoil dan Green Diesel adalah jenis bahan bakar yang memiliki tingkat emisi yang rendah dan bersahabat dengan lingkungan. Kerjasama ini sejalan dengan strategi PPA untuk sektor ESG dalam periode 2023-2027. Selain itu, hal ini juga merupakan langkah besar bagi PPA untuk meningkatkan kontribusinya dalam upaya pelestarian lingkungan serta mencapai Zero Net Emission di Indonesia.

Iklan

Dalam upaya menjaga kualitas lingkungan, PPA dan AMM telah melakukan berbagai inovasi dan peningkatan teknologi. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. PPA dan AMM percaya bahwa upaya ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi lingkungan serta membantu mencapai target global untuk melawan perubahan iklim.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di sektor energi, PPA dan AMM memahami pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. Oleh karena itu, mereka telah bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga untuk memastikan bahwa seluruh produk yang ditawarkan dalam Program Pertamina One Solution ramah lingkungan dan sesuai dengan standar internasional.

Salah satu tanggung jawab PPA dan AMM dalam kerjasama ini adalah menjamin kualitas tinggi dari Ultra Low Sulphur Gasoil dan Green Diesel yang mereka pasok ke Pertamina Patra Niaga. Hal ini dilakukan dengan menggunakan teknologi modern serta melakukan pengujian reguler dan ketat pada produk-produk mereka. Dalam hal ini, PPA dan AMM telah memenuhi persyaratan Pertamina Patra Niaga untuk memastikan seluruh produk yang ditawarkan sesuai dengan standar internasional.

Selain itu, PPA dan AMM juga melakukan pengembangan produk-produk inovatif yang lebih ramah lingkungan. Sebagai contoh, mereka telah mengembangkan solar panel dan baterai dengan teknologi canggih untuk menghasilkan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Dalam hal ini, PPA dan AMM berharap dapat menjadi pemain utama dalam mempromosikan penggunaan energi terbarukan di Indonesia.

Dukungan terhadap inovasi dan teknologi ramah lingkungan adalah salah satu fokus utama dari strategi PPA Grup di masa depan. Hal ini juga merupakan bentuk kontribusi mereka dalam upaya global untuk mengatasi perubahan iklim. PPA dan AMM yakin bahwa upaya ini akan memberikan dampak positif yang besar bagi lingkungan serta membantu menciptakan dunia yang lebih baik dan lestari untuk generasi mendatang.

PPA dan AMM adalah dua perusahaan yang berkaitan erat dengan lingkungan hidup. Mereka memiliki tujuan besar untuk menciptakan produk-produk yang ramah lingkungan. Terkait tujuan ini, mereka berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dalam pengembangan produk-produk ramah lingkungan.

Dalam mengembangkan produk-produk ramah lingkungan, PPA dan AMM juga sadar bahwa mereka harus meningkatkan kerjasama dengan semua pihak yang berkepentingan dalam upaya menjaga lingkungan yang sehat dan lestari. Ini bertujuan untuk menjamin bahwa produk yang dihasilkan dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak dan lingkungan di sekitarnya menjadi lebih baik.

Selain itu, PPA dan AMM memiliki kesadaran tinggi tentang pentingnya kontribusi mereka dalam upaya global untuk melawan perubahan iklim. Pesatnya perubahan iklim di seluruh dunia dan bencana alam yang terjadi akibatnya menunjukkan bahwa penanganan masalah perubahan iklim bukan suatu perkara sepele dan memerlukan kerja keras dari semua pihak.

Untuk itu, PPA dan AMM siap untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam menciptakan masa depan yang lebih lestari dan sehat untuk bumi kita. Kerjasama tersebut dapat berupa bentuk kampanye lingkungan, mengurangi limbah dan emisi karbon serta memperkenalkan gaya hidup ramah lingkungan kepada masyarakat.

Tidak hanya berkomitmen untuk menciptakan produk-produk ramah lingkungan, PPA dan AMM juga memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitar. Mereka berkomitmen untuk mengembangkan produk-produk yang bisa membantu masyarakat sekitar untuk hidup lebih baik, yang sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, PPA dan AMM juga sering kali mengadakan kampanye sosial yang bertujuan untuk mendorong masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Seperti melakukan kegiatan reboisasi atau penghijauan, serta membuka program pengolahan limbah di masyarakat sekitar yang bermanfaat bagi lingkungan serta mampu menciptakan keberlangsungan ekonomi masyarakat sekitar.

Secara keseluruhan, PPA dan AMM adalah perusahaan yang memiliki sikap yang baik terhadap lingkungan. Mereka menjadi pionir dalam pengembangan produk-produk ramah lingkungan dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan sekitar. Kita semua bisa belajar darinya tentang pentingnya menjadi seorang yang peduli terhadap lingkungan dan menyeimbangkan keuntungan ekonomi tanpa merusak lingkungan.

Andhika Wahyudiono, Dosen UNTAG Banyuwangi/Foto: Kanaltujuh.com

Artikel opini ini ditulis oleh

Andhika Wahyudiono

(Dosen UNTAG Banyuwangi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *