Beberapa Rekor Fantastis Tercipta Saat Mudik Lebaran Tahun 2022

Beberapa Rekor Fantastis Tercipta Saat Mudik Lebaran Tahun 2022
Beberapa Rekor Fantastis Tercipta Saat Mudik Lebaran Tahun 2022/Foto: Kemenag

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Pada Lebaran Idul Fitri tahun ini pemerintah kembali memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Hal tersebut mendorong masyarakat berbondong-bondong memenuhi jalan raya hingga tempat penyedia transportasi umum seperti terminal, stasiun, dan bandara.

Iklan

Tingginya antusiasme publik kembali menyambut tradisi mudik yang sempat ditiadakan karena pandemi selama hampir dua tahun, tercetak sederet rekor mudik. 

Lantas, apa saja rekor yang dicetak mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini? Simak daftar berikut:

1. 1,7 juta kendaraan pemudik meninggalkan Jabotabek dari tiga titik

Dari H-10 libur Lebaran Idul Fitri 1443 H, Jasamarga melaporkan bahwa 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek dari empat titik, yakni tol Trans Jawa/Bandung, Merak, dan Puncak.

Jumlah tersebut menunjukkan adanya kenaikan sebesar 9,5% yang bertambah sejak mudik Lebaran sebelumnya, yakni tahun 2019 tepat sebelum pandemi yang membuat pemerintah memutuskan larang mudik.

Sedangkan, jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode November 2021 yang merupakan lalu lintas tertinggi saat pandemi, 1,7 juta kendaraan yang melintas di periode mudik tahun ini naik 18,6%,” jelas Dwimawan Heru selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Selasa (3/5/2022).

Terkait rincian dari sebaran lalu lintas tersebut adalah:

  1. 53,8% keluar menuju titik Tol Trans Jawa
  2. 27,6% keluar menuju titik Tol Merak
  3. 18,7% keluar menuju titik arah Bandung

2. Rekor arus balik tertinggi sepanjang sejarah

Arus balik mudik juga menunjukkan volume kendaraan yang akhirnya cetak rekor. Dwimawan Heru melaporkan sebanyak 170.078 kendaraan pemudik memadati lalu lintas 4 hari setelah Idul Fitri atau Sabtu (7/5/2022).

Jumlah tersebut menjadi rekor arus balik tertinggi sepanjang sejarah jalan tol di Indonesia. Volume kendaraan yang kembali ke Jabodetabek dari arah Timur, yakni Surabaya, Semarang, Solo, Cirebon, dan Bandung mencapai 170.078 kendaraan.

3. Jutaan warga lepas landas mudik dengan pesawat

Di sampung jalur darat, pesawat terbang sebagai moda transportasi mudik juga mencetak rekor. Dilaporkan 12.000 pemudik memenuhi bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Hal tersebut disampaikan oleh pelaksana tugas General Manager YIA, Agus Pandu Purnama. Menurutnya, ada lonjakan penumpang arus balik. Hal itu sesuai prediksi dengan jumlah di atas 12.000 penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *