Peringati Harlah Pancasila, Bupati Arifin: Dalam Membangun Trenggalek Jangan Terbebani Hal Ribet

Trenggalek, Kanaltujuh.com –

Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 menjadi suatu momentum penting refleksi bagi kita semua.

“Kenapa toh Pancasila itu harus ada dan apa maksudnya Pancasila itu,” kata Bupati Arifin dalam sambutannya pada peringatan Harlah Pancasila yang digelar di depan Pendopo Kabupaten Trenggalek, Kamis (1/6/2023).

Arifin melanjutkan tentu bapak ibu sudah tahu dalam literatur sejarah mulai 29 Mei hingga 1 Juni 1945 dibentuklah suatu Badan Persiapan Usaha Kemerdekaan atau BPUPK atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai.

Baca Juga:
Mobil Sehat Pemdes Sidobangun Lamongan Nyungsep ke Persawahan, Tak Ada Korban Jiwa

“Yang ketika itu diminta oleh pimpinan sidang satu buah pertanyaan, apa dasarnya jika Indonesia merdeka,” paparnya.

Setelah berbagai tokoh berbicara dalam sidang tersebut, kata Arifin, kemudian giliran Pancasila didengungkan untuk pertama kalinya oleh Soekarno atau Bung Karno.

Arifin kemudian mengatakan dalam peringatan Harlah Pancasila saat ini, ia mengajak pada semua elemen masyarakat dalam membangun Kabupaten Trenggalek jangan merasa terbebani dengan hal yang ribet.

Ia juga menyampaikan hendaknya kita semua bersyukur karena memiliki founding father yang telah memberikan pondasi nilai bagi kita semua.

Baca Juga:
Komunitas Beritae Wong Lamongan Gelar Kegiatan Bagi Takjil

“Kalau beliau-beliau sudah memperjuangkan yang namanya political independent maka saat ini yang harus kita perjuangkan adalah political konsistensi, konsisten terhadap cita-cita Pancasila itu sendiri,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *