Komisi III Minta PUPR Fokus Tangani Kerusakan Jalan, PKPLH Fokus Tangani Sampah

Komisi III Minta PUPR Fokus Tangani Kerusakan Jalan, PKPLH Fokus Tangani Sampah
Foto: Pranoto Ketua Komisi IIIDPRD TRenggalek

Trenggalek,kanaltujuh.com,-

Ketua Komisi III DPRD Trenggalek Pranoto meminta Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Trenggalek agar lebih fokus dalam penanganan perbaikan dan peningkatan jalan.

Pernyataan ini disampaikan Pranoto usai memimpin rapat kerja dengan Dinas PUPR dan PKPLH (Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) di aula gedung DPRD Trenggalek, pada Selasa (30/8/2023).

“Karena isunya rakyat yang paling banyak adalah jalan sehingga penekanan komisi III wajib untuk di perubahan ini seluruh kegiatan di PUPR harus lebih fokus menindak lanjuti perbaikan dan peningkatan jalan,” pintanya.

Dalam perubahan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tahun 2023 ini sambungnya anggaran yang disediakan pada Dinas PUPR mencapai 136 miliar. Dari angka tersebut 60 persen diantaranya akan digunakan untuk perbaikan dan penigkatan jalan.

Sementara pada Dinas PKPLH, Komisi III meminta agar lebih fokus dalam penanganan sampah. Pranoto mengatakan ada keganjilan dalam penanganan sampah ini. Keganjilan itu adalah penanganan sampah ada pada Dinas PKPLH namun sarana pendukungnya berada di Dinas PUPR.

“Seharusnya ya yang nangani yang mengadakan, ini yang kita soroti,”katanya.

Menurutnya penanganan sampah dan sarana pendukung lainnya mestinya ditangani oleh Dinas PKPLH, tujuannya agar lebih fokus.

Adapun anggaran yang disediakan untuk penanganan sampa dalam kurun waktu 1 tahun adalah 3,7 miliar. Namun dalam PAPBD tahun ini anggaran yang disediakan khusus penanganan sampah berkisar di angka 1,5 miliar.

 

Penulis: herman subagioEditor: Fabian Kalijaga
Exit mobile version