Formaspede Gelar Aksi Damai Di Depan Gedung DPRD Tulungagung, Tuntut Pelaksanaan Hak Angket

Formaspede Gelar Aksi Damai Di Depan Gedung DPRD Tulungagung, Tuntut Pelaksanaan Hak Angket
Formaspede Gelar Aksi Damai Di Depan Gedung DPRD Tulungagung, Tuntut Pelaksanaan Hak Angket, Selasa (05/03/2024)/Foto: Ajjtv

Kanaltujuh.com –

Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Demokrasi (Formaspede) melakukan aksi damai di depan gedung DPRD Tulungagung, Selasa (05/03/2024).

Iklan

Ketua Formaspede, Nanang Rahmat dalam orasinya menyampaikan tujuan aksi damai ini untuk mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil, sebab proses Pemilu 2024 ini diduga terjadi banyak pelanggaran dan kecurangan.

“Aksi damai kami bertujuan untuk mewujudkan pemilu luber dan jurdil. Sehingga, produk pemilu itu legitimate, bersih serta bermartabat,” ujar Nanang.

Nanang menyampaikan bahwa Hak Angket harus digunakan untuk menyelidiki dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh penyelenggara negara atau pemerintah, termasuk dugaan campur tangan presiden RI dalam pemilu untuk mendukung pasangan calon tertentu dan potensi penggunaan alat-alat negara untuk menjaga kekuasaan oligarki.

Baca Juga:
Sisa PR Masih Banyak, DPRD Trenggalek Kerja Keras

“Oleh karena itu Pimpinan dan seluruh anggota DPR, saya mendukung hak angket ini kita lakukan semata-mata untuk memberikan kepastian bahwa seluruh proses Pemilu 2024 benar-benar dijalankan berdasarkan daulat rakyat, kejujuran, keadilan, etika yang tinggi,” tambahnya.

Di samping itu, ia juga mendorong lembaga penyelenggara pemilu seperti Bawaslu atau KPU untuk menyelidiki tanda-tanda kecurangan dalam pelaksanaan pemilu, termasuk dugaan campur tangan untuk memenangkan pasangan calon tertentu.

Baca Juga:
Wabup Syah Tinjau Pelaksanaan TMMD di Desa Pule

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *