Sekretaris Komisi II DPRD Trenggalek Usulkan Galeri Produk UMKM Di Gedung DPRD

Sekretaris Komisi II DPRD Trenggalek, Amin Tohari
Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Trenggalek, Amin Tohari/Foto: Herman

Trenggalek, Kanaltujuh.com –

Sekretaris Komisi II DPRD Trenggalek, Amin Tohari memberikan usulan agar produk UMKM Trenggalek hendaknya dapat dipajang di area Gedung DPRD Trenggalek.

Iklan Komindag

Usulan ini disampaikan Amin disela-sela rapat kerja Komisi II DPRD dengan OPD terkait, dengan pokok bahasan KUA PPAS tahun 2021 di aula Gedung DPRD Trenggalek, Selasa (7/9).

Dikatakan oleh Amin, ia mengusulkan hal itu sebab ia melihat bahwa di beberapa kabupaten kota di Jawa Timur, termasuk di luar pulau Jawa banyak ditemui produk UMKM setempat dipajang di galeri dalam Gedung DPRD.

Baca Juga:
6 Toko Modern Belum Penuhi Syarat, Anggota Komisi I DPRD Trenggalek Minta OPD Segera Lakukan Sidak

“Rata-rata dari DPRD itu ada galeri, karena saya melihat di gedung DPRD itu biasanya banyak dikunjungi tamu dari beberapa daerah, termasuk gedung DPRD Trenggalek,” kata Amin.

Lebih lanjut, kata Amin, jika galeri di gedung DPRD Trenggalek dapat direalisasikan, maka hal itu dapat meningkatkan branding produk-produk UMKM dari Kabupaten Trenggalek.

“Sehingga ketika tamu-tamu dari luar datang ke (DPRD) Trenggalek, minimal beliau-beliau itu tahu, mengerti bahwa UMKM Trenggalek ini bisa memproduksi sesuatu dan ada pembinaan khusus dari Pemkab,” terangnya.

Dengan adanya Galeri UMKM di Gedung DPRD Trenggalek, kata Amin, maka secara otomatis akan membantu para pelaku UMKM dari sisi promosi.

Baca Juga:
Kapolda Jatim Tinjau Lokasi Peringatan Satu Abad NU Di GOR Sidoarjo

“Meskipun space-nya hanya kecil, akan tetapi di situ ada panduan untuk memasarkan secara online, insyallah bisa mengungkit perekonomian masyarakat Kabupaten Trenggalek,” jelasnya.

Untuk merealisasikan hal ini Amin menyerahkan hal tersebut pada OPD terkait, dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek beserta Bappeda.

Ia juga berharap agar nantinya pembuatan galeri di gedung DPRD Trenggalek segera dianggarkan dan dilaksanakan sebelum tahun 2022.

“Akan tetapi kita tetap melihat apakah cantolannya di APBD itu ada apa tidak. Sehingga kita menyerahkan sepenuhnya terkait teknis kepada OPD terkait,” pungkasnya.

Baca Juga:
Bendera dan Baliho Partai Gerindra Dicopot Satpol PP, Gerindra Sidoarjo Ancam Bawah Ke Ranah Hukum

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek, Agus Setiyono menyambut positif usulan tersebut.

“Ya bagus sekali itu, tapi paling tidak dari DPRD (Sekwan) yang menyiapkan tempat,” ucap Agus.

Disampaikan oleh Agus, karena penempatan galeri UMKM nantinya di gedung DPRD, maka tugas dari Dinas Koperasi adalah mengajak para pelaku UMKM untuk menempatkan produk mereka di galeri tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *