Komisi IV DPRD Trenggalek Evaluasi Penggunaan Dana Covid 19

Trenggalek, Kanaltujuh.com

Dalam rangka evaluasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, Komisi IV DPRD Trenggalek Bidang Pendidikan dan Kesehatan menggelar rapat kerja dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di ruang aula gedung DPRD Trenggalek, Selasa (25/5).

Iklan

Ketua komisi IV DPRD Trenggalek Mugianto dalam keterangannya menyampaikan melalui rapat kerja ini Komisi IV ingin melakukan cross check secara langsung, hasil refocusing anggaran yang telah diamanahkan pada 4 OPD yakni RSUD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan.

“Hasil refocusing kemarin itu perlu kita kawal dari beberapa OPD yang diberi amanah untuk mengelola anggaran itu,” kata Mugianto usai rapat kerja.

Baca Juga:
Rakor Pansus III DPRD Trenggalek dan OPD Terkait Bahas Tentang Urusan Ekonomi

Menurutnya dengan adanya rapat kerja ini, Komisi IV DPRD Trenggalek ingin mengetahui apakah anggaran yang dikelola oleh tiap OPD sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

“Itu perlu kita kontrol, kita cek, kita evaluasi perkembangan Covid-19 di Trenggalek mulai hari ini pasca lebaran itu mengalami peningkatan atau penurunan,” urainya.

Ia juga menyampaikan apabila dalam perkembangannya nanti Covid-19 di Trenggalek mengalami penurunan, maka hasil refocusing anggaran yang telah dikucurkan pada 4 OPD tersebut tidak perlu digunakan untuk penanganan Covid-19.

“Kalau tidak digunakan itu kan berarti jumlah pasien (Covid-19) sudah tidak ada,” kata Mugianto.

Baca Juga:
Jebakan Setrum Tikus Kembali Renggut Nyawa di Lamongan

Masih menurut anggota dewan asal Partai Demokrat ini menyampaikan dalam rapat kerja ini pihaknya juga ingin melihat secara langsung berapa kebutuhan anggaran dalam satu bulan dari tiap OPD tersebut.

Oleh karena itu fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Komisi IV ini sambungnya bertujuan agar penggunaan anggaran tersebut diharapkan sesuai dengan peruntukkannya.

Ia kemudian menilai dari hasil pembahasannya dengan OPD terkait diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan anggaran penanganan Covid-19 di Kabupaten Trenggalek masih dalam batas normal dan berjalan sesuai perencanaan.

“Ini satu trend yang positif bagi Kabupaten Trenggalek,” tutupnya.

Baca Juga:
Pansus II DPRD Trenggalek Bahas Isi Dari RPJPD Terutama Soal Net Zero Karbon

Reporter : Herman Subagyo

Editor : Fabian Kalijaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *