BKN Trenggalek Gelar Pertunjukan Seni Jaranan Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila

Trenggalek, Kanaltujuh.com

Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila tahun ini, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Trenggalek melalui BKN (Badan Kesenian Nasional) menggelar pertunjukan seni jaranan di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Jalan Mayjen Sungkono Nomor 30 Trenggalek.

Iklan Komindag

Wakil Ketua Bidang Seni Budaya DPC PDI Perjuangan Trenggalek, Trimo Dwi Cahyono menyampaikan kegiatan yang digelar malam hari ini merupakan upaya untuk menampilkan seniman muda yang selama ini tidak pernah tampil selama masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini selain dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, kita juga menyediakan tempat agar seniman muda jaranan di Trenggalek bisa tampil kembali,” kata Trimo di Kantor Sekretariat DPC PDI Perjuangan Trenggalek, Selasa (1/6).

Baca Juga:
Komisi I Minta PJ Kades Ngulan Wetan Segera Isi Kekosongan Jabatan Perangkat Desa dan Laksanakan APBDes
Sesi pertunjukan seni jaranan di sekretariat DPC PDI Perjuangan Trenggalek

Trimo menyampaikan jumlah seniman muda yang dilibatkan dalam kegiatan kali ini seluruhnya 30 orang. Pertunjukan seni jaranan ini lanjutnya juga disiarkan secara virtual.

“Masyarakat pecinta jaranan tidak perlu harus datang secara langsung disini, karena ini disiarkan secara live virtual,” terangnya.

Alasan kegiatan seni jaranan disiarkan secara virtual sambungnya karena saat ini adalah masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, siaran secara virtual itu sebagai upaya menjaga protokol kesehatan.

Lebih lanjut Trimo menjelaskan, melestarikan budaya bangsa merupakan salah satu dari Tri Sakti Bung Karno.

Baca Juga:
Komisi I Dorong Pemdes Ngulan Kulon, Segera Koordinasi Dengan Kecamatan Agar APBDes 2023 Tidak Macet

“Tri sakti Bung Karno itu yang pertama berdaulat di bidang politik, kedua berdikari di bidang ekonomi dan yang ketiga kepribadian di bidang kebudayaan,” terangnya.

Reporter : Herman Subagyo

Editor : Fabian Kalijaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *