Hasil Survei SMRC Sebut Nama Ganjar Pranowo Unggul Dari Kandidat Kuat Lainnya

Hasil Survei SMRC Sebut Nama Ganjar Pranowo Unggul Dari Kandidat Kuat Lainnya
Ganjar Pranowo/Foto: Istimewa

Kanaltujuh.com –

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dari nama-nama kandidat kuat lainnya yang akan maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Akan tetapi, Pilpres 2024 diprediksi akan digelar dalam dua putaran.

Iklan Komindag

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menyatakan Ganjar masih bersaing dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, seperti pada survei sebelumnya. Tapi bila ketiganya diadu, maka politikus PDI Perjuangan tersebut masih unggul dari Prabowo dan Anies.

Baca Juga:
KPK Selidiki Dugaan Kasus Korupsi Pengadaan Material Pembangunan Kapal Angkut di Kemenhan

“Ganjar cenderung unggul atas keduanya,” kata Deni dalam paparan hasil survei secara virtual, Ahad, 27 November 2022.

Dalam simulasi pemilihan semi terbuka dengan sejumlah nama, Ganjar Pranowo disebut mendapat dukungan 26,7 persen, unggul dari Prabowo Subianto yang berada di posisi kedua dengan 18,8 persen sementara Anies mendapatkan dukungan 17 persen suara. Nama-nama lainnya, menurut Deni, hanya memiliki elektabilitas di bawah 4 persen.

Survei itu dilakukan SMRC pada 5-13 November 2022.  Mereka menyatakan mewawancarai secara langsung 1.220 responden dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:
Wagub Bali: Pengembangan Potensi Wisata Jangan Meninggalkan Warga Lokal

Dalam simulasi tertutup dengan empat nama SMRC menambahkan Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon presiden. Hasilnya, Ganjar Pranowo mendapat 33,5 persen suara, Prabowo Subianto 26,9 persen, dan Anies Baswedan 24 persen. Sementara Puan yang juga jadi dianggap sebagai kandidat kuat calon presiden dari PDIP hanya mendapat 3,4 persen dukungan.

Dalam simulasi tiga nama yang dilakukan oleh SMRC Ganjar juga tetap unggul. Dia mendapatkan dukungan 33,5 persen sementara Prabowo meningkat menjadi 30 persen dan Anies Baswedan sebesar 25,1 persen.

Gambaran umum hasil survei terbaru ini tak berbeda dengan survei sebelumnya yang dilakukan SMRC pada Agustus lalu. Saat itu, Ganjar Pranowo juga disebut unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Baca Juga:
Menjadi Pembicara di Talkshow, Wagub Bali TjokOka Sebut Pertahun Ada Kebocoran 161 Triliun

Deni memprediksi Pilpres 2024 akan digelar dalam dua putaran. Pasalnya, menurut dia, hingga saat ini tidak satupun dari ketiganya yang dapat dukungan di atas 50 persen.

“Sehingga terbuka kemungkinan Pemilihan Presiden akan berlangsung dua putaran,” ujar Deni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *