Gubernur Khofifah Resmikan 25 Unit Rumah Hunian Bagi Warga Terdampak Bencana Di Trenggalek

Gubernur Khofifah Resmikan 25 Unit Rumah Hunian Bagi Warga Terdampak Bencana Di Trenggalek
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin (kiri) dalam peresmian rumah hunian bagi warga terdampak bencana di Trenggalek, Senin (23/01/2023)/Foto: Kanaltujuh.com

Trenggalek, Kanaltujuh.com –

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kampung Indah Permai yang terletak di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek, Senin (23/1/2023).

Iklan Komindag

Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulan Bencana Daerah) Provinsi Jawa Timur Gatot Soebroto dalam laporannya menyampaikan, Kampung Indah Permai merupakan hunian tetap bagi warga Desa Sumurup yang terdampak bencana alam pada 18 Oktober 2022 yang lalu.

“Lahan relokasi merupakan tanah hibah aset dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dihibahkan pad Pemerintah Kabupaten Trenggalek seluas 4.500 m2 di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek,” paparnya.

Baca Juga:
KPK Selidiki Dugaan Kasus Korupsi Pengadaan Material Pembangunan Kapal Angkut di Kemenhan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin (kiri) dalam peresmian rumah hunian bagi warga terdampak bencana di Trenggalek, Senin (23/01/2023)/Foto: Kanaltujuh.com

Adapun anggaran dari pembangunan Kampung Indah Permai kata dia berasal dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Provinsi Jawa Timur tahun 2022 dengan nilai anggaran sebesar 1.450.000.000 rupiah.

“Dapat kami laporkan pula bahwa pembangunan hunian tetap dilokasi ini sebanyak 25 unit rumah dan 4 unit rumah di bangun dilahan milik masyarakat dengan biaya masing-masing senilai 50 juta rupiah,” urainya.

Sementara Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin dalam sambutannya memberikan pujian pada Gubernur Jatim Khofifah Indah Parawansa yang dinilai telah bekerja secara cepat dan tanggap ketika terjadi bencana di wilayah Kabupaten Trenggalek khususnya di Desa Sumurup Kecamatan Bendungan pad Oktober 2022 yang lalu.

Baca Juga:
Wagub Bali: Pengembangan Potensi Wisata Jangan Meninggalkan Warga Lokal

“Kemudian ketika kita matur, ibu kita ini butuh relokasi warga, langsung beliau menghibahkan tanah Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur seluas kurang 4.500m2,” kata Arifin dalam sambutannya.

Arifin melanjutkan lokasi terdepan dari KampungIndah Permai nantinya bisa di gunakan oleh warga hunian untuk kandang komunal dan itu semua berasal dari Pemerintah Provinsi.

Arifin meminta pada calon penghuni Kampung Indah Permai hendaknya bisa menjaga dan merawat rumah hunian tetap tersebut dengan baik.

Di akhir sambutan Bupati Arifin menyampaikan ucapan apresiasi yang tinggi dan terima kasih pada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang begitu peduli dengan warga Kabupaten Trenggalek.

Baca Juga:
Kemenag Usulkan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp. 69 Juta, Begini Alasannya

Sementar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa dalam sambutannya menyampaikan Kampung Indah Permai selain dijadikan kawasan hunian tetap bagi warga terdampak bencana alam, juga ada program ekonomi.

“Mudah-mudahan semua yang kita lakukan memberikan kebaikan bagi anda semua,” Kata Khofifah.

Di Jawa Timur sendiri sambungnya sudah saatnya melakukan kewaspadaan dan mitigasi, pasalnya saat ini terdapat kecenderungan terjadinya Hidrometeorologi yakni bencana dengan kekuatan intensitas hujan yang sangat tinggi di seluruh pulau Jawa.

“Oleh karena itu setiap hunian memang diharapkan sudah melakukan antisipasi itu,” jelasnya.

Baca Juga:
Menjadi Pembicara di Talkshow, Wagub Bali TjokOka Sebut Pertahun Ada Kebocoran 161 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *