Survei Elektabilitas Pilpres 2024 LSI Denny JA: Prabowo Teratas Disusul Ganjar dan Anies

Survei Elektabilitas Pilpres 2024 LSI Denny JA: Prabowo Teratas Disusul Ganjar dan Anies
Survei Elektabilitas Pilpres 2024 LSI Denny JA: Prabowo Unggul Disusul Ganjar dan Anies

Jakarta, Kanaltujuh.com

LSI Denny JA telah merilis hasil survei elektabilitas terbaru calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024. Menurut hasil survei yang dilaksanakan pada 6-13 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menunjukkan elektabilitas tertinggi.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dan wawancara tatap muka dengan kuesioner dilakukan terhadap para responden. Margin of error survei mencapai 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pertanyaan yang diajukan kepada responden oleh LSI Denny JA adalah, ‘Jika pemilu presiden dilaksanakan pada saat survei dilakukan, siapa dari 3 pasangan calon presiden-calon wakil presiden ini yang akan Anda pilih?’. Berdasarkan jawaban yang diperoleh, Prabowo-Gibran memiliki elektabilitas sebesar 40,3%, disusul oleh Ganjar-Mahfud dengan 28,6%, dan Anies-Muhaimin Iskandar (pasangan AMIN) dengan 20,3%. Sementara itu, 10,8% responden memilih opsi tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca Juga:
Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh Bahas Dinamika Politik dan Pemilu

Berikut adalah tingkat dukungan mereka dalam survei:

Prabowo-Gibran: 40,3%

Ganjar-Mahfud: 28,6%

Anies-Cak Imin: 20,3%

Tidak Tahu/Tidak Jawab: 10,8%

“Jika pilpres dilaksanakan di saat survei kita kerjakan maka pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan capres-cawapres dengan elektabilitas tertinggi mencapai 40,3%, disusul Ganjar Mahfud 28,6%, dan pasangan AMIN di angka 20,3%, ada yang belum tentukan pilihan kruang lebih 10,8%,” ujar pembicara LSI Denny JA, Adjie Al Faraby, ketika menjelaskan hasil survei, Senin (20/11/2023).

Adjie menekankan perhatiannya pada Pilpres 2024 yang diperkirakan akan melibatkan dua putaran. Ia menyatakan bahwa berdasarkan tingkat dukungan yang ada, hanya pasangan Prabowo-Gibran yang dapat dipastikan akan melangkah ke putaran kedua.

Baca Juga:
Hadapi Resiko Ekonomi Global, Presiden Jokowi Instruksikan Kementerian Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

“Kita simpulkan bahwa kemungkinan pilpres akan diselenggarakan dalam 2 putaran pilpres, dengan data per hari ini, karena yang belum tahu atau belum jawab hanya tersisa 10,8%, dan dari data ini jika pilpres dilaksanakan dalam 2 putaran, maka pasangan Prabowo-Gibran adalah pasangan pertama yang lolos putaran kedua dengan angka 40,3%,” paparnya.

“Lalu pertanyaannya siapa pasangan lain yang ikut lolos bertarung dengan Prabowo-Gibran di putaran kedua? Dari data ini kita lihat bahwa sisa tiket masih akan diperebutkan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin karena selisih elektabilitasnya hanya di bawah 10% atau tidak lebih dari 2 digit,” tambahnya.

Baca Juga:
Mahfud Md: Hak Angket DPR Tak Pengaruhi Hasil Pemilu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *