Menlu Retno Marsudi Pastikan Netralitas Kemlu dan Perwakilan RI dalam Pemilu 2024

Menlu Retno Marsudi Pastikan Netralitas Kemlu dan Perwakilan RI dalam Pemilu 2024
Menlu Retno Marsudi Pastikan Netralitas Kemlu dan Perwakilan RI dalam Pemilu 2024/Foto: Istimewa

Kanaltujuh.com –
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Lestari Priansari Marsudi, memastikan Kemlu dan seluruh Perwakilan RI akan menjaga netralitasnya.

“Tahun 2024, Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di Luar Negeri akan menjaga netralitasnya dan siap mensukseskan Pemilu 2024 yang jujur dan adil” jelasnya dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) di Gedung Merdrka, Bandung, Jawa Barat, Senin (08/01/2024).

Iklan

“Saya yakin seluruh diplomat indonesia akan menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas” tambahnya.

Retno juga berbicara mengenai sistem politik luar negeri yang dianut Indonesia.
Retno menegaskan,

Baca Juga:
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Papua Nugini Bahas Peningkatan Kerja Sama Bilateral

“Politik luar negeri Indonesia bukan politik luar negeri yang transaksional melainkan dijalankan di Tengah dunia yang penuh tantangan dan ketidakpastian dan perlu dijalankan secara konsisten berdasarkan prinsip bebas aktif, berkiblat kepada kepentingan nasional dan berkontribusi bagi perdamaian dunia.”

Dia mengatakan, PPTM menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban public dari pelaksanaan diplomasi Indonesia.

“Diplomasi Indonesia dijalankan secara well-measured, well-calculated, action-oriented, result-oriented” jelasnya.

Retno lantas memaparkan capaian Kemlu yang dicanangkan di awal pemerintahan selama 10 tahun terakhir. Dia mengatakan terdapat empat prioritas yang diupayakan sejak 2014 yakni Penguatan diplomasi ekonomi, Diplomasi pelindungan WNI, Diplomasi kedaulatan, Diplomasi Indonesia perdamaian dan stabilitas di dunia.

Baca Juga:
Pemkab Trenggalek Raih Juara 1 Lomba Video Kreatif di APKASI Otonomi Expo 2024


Diplomacy is a long game. Sebuah investasi jangka panjang. Kadang buah yang kita tanam baru dapat dituai beberapa tahun kemudian. Tugas kami menanam buah Kebajikan dalam diplomasi dan merawatnya agar hasilnya dapat dinikmati oleh generasi Indonesia Emas 2045 dan terus berkontribusi bagi dunia,” lanjutnya.


Masih dalam kesempatan, Retno berbicara mengenai netralitas Kemlu, dan memastikan Kemlu serta seluruh perwakilan RI akan menjaga netralitasnya.

Baca Juga:
Trenggalek Sukses Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *