DPR RI Mengesahkan Undang-Undang Otsus Papua

Rapat di Gedung DPR RI
Rapat di Gedung DPR RI/Foto: Tirto

Jakarta, Kanaltujuh.com

Dewan Perwakilan Rakyat RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus Papua atau RUU Otsus Papua menjadi undang-undang. Pengesahan tersebut disampaikan dalam rapat paripurna hari ini, Kamis (15/7) yang dipimpin Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Iklan Komindag

“Apakah RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dapat disetujui dan disahkan menjadi undang-undang?” tanya Dasco kepada anggota.

“Setuju,” sahut anggota DPR yang hadir.

Sebelumnya, Ketua Panitia Khusus RUU Otsus Papua Komarudin Watubun menyampaikan hasil pembahasan RUU Otsus bersama pemerintah. Politikus PDI Perjuangan ini mengklaim pembahasan RUU Otsus Papua dilakukan dengan mendengarkan aspirasi beberapa masukan dari masyarakat.

Baca Juga:
KPK Selidiki Dugaan Kasus Korupsi Pengadaan Material Pembangunan Kapal Angkut di Kemenhan

Di antaranya, kata dia, melalui Rapat Dengar Pendapat Umum pada 1-5 Mei di Papua dan Papua Barat. Pihak-pihak yang dilibatkan di antaranya forum komunikasi musyawarah pimpinan daerah provinsi, Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat, Dewan Perwakilan Rakyat Papua dan Papua Barat, dan tokoh-tokoh lainnya, serta Dewan Perwakilan Daerah.

Komarudin menjelaskan ada 3 pasal usulan pemerintah dan 15 pasal usulan DPR yang direvisi, serta dua pasal baru. Pasal usulan pemerintah di antaranya menyangkut dana otsus dan pemekaran wilayah, adapun pasal usulan DPR menyangkut sejumlah pasal mengenai hak politik orang Papua.

Baca Juga:
Sri Mulyani: Kita Optimis Hadapi Perekonomian Tahun 2023

Pemerintah dan DPR juga sepakat membentuk badan khusus untuk sinkronisasi, koordinasi, evaluasi, dan koordinasi pelaksanaan otsus yang akan diketuai oleh wakil presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *