Mahfud MD: Pemerintah Akan Perbarui Alutsista TNI

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menyebut perkembangan TNI saat ini cukup kompeten. Hal tersebut, kata Mahfud, terlihat dari keberadaan dan kelengkapan alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik negara.

“Alutsistanya sekarang ini cukup bagus meskipun belum sebagus negara-negara maju,” ujar Mahfud, Selasa, 5 Oktober 2021.

Siang tadi, Mahfud Md ikut mendampingi Presiden Joko Widodo untuk melihat berbagai alutsista nasional yang dipajang di sekitaran Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Dalam acara tersebut turut hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan tiga Matra TNI, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam pameran tadi siang, pemerintah mempertontonkan sejumlah alutsista. Mulai dari peluncur roket ASTROS atau Artillery Saturation Rocket System, 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personnel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Alligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Oerlikon Skyshield, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

“Presiden mengatakan cari yang lebih bagus lagi. Menhan siap, nanti kira-kira dua tahun yang akan datang bisa sejajar dengan negara-negara maju dalam keperluan minimalnya,” ungkap Mahfud Md.

Exit mobile version