Hasil Survei Pilpres 2024, Pakar: Capres Muda Lebih Diminati Generasi Milenial dan Generasi Z

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Pemilih Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih menunggu 3 tahun lagi, namun diprediksi akan diisi oleh 60 persen dari generasi milenial dan generasi Z. Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam melihat hal tersebut menjadi peluang bagi tokoh-tokoh muda untuk bertarung di Pilpres 2024.

Iklan

Jika merujuk dari berbagai hasil lembaga survei, banyak tokoh-tokoh muda berpeluang besar untuk melangkah ke bursa Pilpres 2024.

Dari berbagai survei itu menempatkan diantaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian

ada juga nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani hingga Budiman Sudjatmiko.

“Itu kira-kira capres muda yang potensial maju di Pilpres 2024 dilihat dari sisi elektabilitas,” ujar Arif dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (29/10).

Di samping itu, Arif juga melihat peluang tokoh-tokoh muda untuk maju di Pilpres 2024 dari segi pemilih. Ia melihat pemilih dari kalangan milenial dan generasi Z akan mendominasi pada pesta demokrasi 3 tahun mendatang.

Jika melihat dari latar belakang pemilihnya yang kebanyakan berasal dari kalangan anak muda, maka itu menjadi kesempatan besar bagi para tokoh-tokoh muda menyodorkan gagasan serta visi dan misinya. Selain itu, karena sama-sama ‘muda’, tokoh-tokoh muda juga dinilai bisa lebih cepat merespon aspirasi dari anak-anak muda.

“Ini salah satu potensi yang kenapa capres muda sangat potensial muncul di Pilpres 2024,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *