Presiden Jokowi Ketemu Joe Biden Bahas Kerjasama Ekonomi Hijau

Kanaltujuh.com –

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membahas sejumlah soliditas kerja sama antara Indonesia-Amerika Serikat di pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, pada Senin, (1/11).

Iklan Komindag

Dalam kesempatan itu, Jokowi mendorong kedua negara untuk memperkuat kerja sama ekonomi terutama dalam pengembangan ekonomi hijau.

Menurutnya, Indonesia dapat menjadi mitra kerja sama ekonomi yang handal. Jokowi pun mengajak Amerika Serikat untuk melakukan investasi pada energi baru dan terbarukan termasuk pengembangan ekosistem mobil listrik dan baterai lithium.

Baca Juga:
Wagub Bali: Pengembangan Potensi Wisata Jangan Meninggalkan Warga Lokal

“Saya harapkan dukungan AS melalui investasi yang mempercepat transisi energi, khususnya teknologi rendah karbon,” ucap Jokowi.

Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia telah merancang transformasi ke energi baru dan terbarukan. Disinggung perihal perubahan iklim, Jokowi kembali menekankan komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon.

Ia mengklaim Indonesia telah menunjukkan hasil yang baik dalam menurunkan tingkat deforestasi secara signifikan dan tingkat kebakaran hutan yang berada pada titik paling rendah dalam 20 tahun.

“Saya akan restorasi hutan bakau hingga 600 ribu hektare dalam 3 tahun ke depan. Ini akan menjadi konservasi hutan mangrove terbesar di dunia,” jelas Jokowi.

Baca Juga:
KPK Selidiki Dugaan Kasus Korupsi Pengadaan Material Pembangunan Kapal Angkut di Kemenhan

Jokowi juga menghargai dukungan Amerika Serikat terhadap presidensi Indonesia di G20 tahun depan, yang mengambil tema ‘Recover Together, Recover Stronger‘. Inklusivitas, kata dia, akan menjadi kunci presidensi Indonesia tahun depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *