Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Dilakukan Hari Ini

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Komisi I DPR akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada Sabtu, 6 November 2021. Jadwal tersebut diputuskan dalam rapat internal Komisi yang berlangsung pada, Kamis (4/11).

Iklan Komindag

“Kami akan mengadakan fit and proper test hari Sabtu,” ujar anggota Komisi I Bobby Rizaldi.

Menurutnya, uji kelayakan atau fit and proper test digelar mulai pukul 10.00 WIB.

Politikus Golkar ini mengatakan proses uji kelayakan ditargetkan rampung dalam dua jam dan dilanjutkan dengan rapat internal Komisi I untuk penyampaian pandangan fraksi-fraksi dan pengambilan keputusan.

Baca Juga:
Kemenag Usulkan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp. 69 Juta, Begini Alasannya

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan proses uji kelayakan tak akan sepenuhnya terbuka, melainkan digelar semi tertutup.

“Sifat terbuka untuk visi misi, kecuali untuk hal-hal strategis. Kehadiran fisik,” ucap Meutya Hafid.

Dalam salinan dokumen mekanisme fit and proper test, acara akan dimulai pukul 10.00 WIB dengan pembukaan oleh ketua rapat.

Selanjutnya calon Panglima TNI akan menyampaikan visi dan misi secara terbuka, tetapi penyampaian strategi dan kebijakan dilaksanakan secara tertutup dengan alokasi waktu kurang lebih selama 30 menit.

Semua forum setelahnya akan berlangsung tertutup. Setiap fraksi diberikan waktu masing-masing sekitar 7 menit untuk melontarkan pertanyaan. Calon Panglima TNI memiliki waktu sekitar 20 menit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Baca Juga:
KPK Selidiki Dugaan Kasus Korupsi Pengadaan Material Pembangunan Kapal Angkut di Kemenhan

Berikutnya, masing-masing anggota Komisi I diberi waktu sekitar 3 menit untuk kembali mengajukan pertanyaan. Setelah itu calon Panglima TNI memiliki waktu 20 menit untuk menjawab. Lalu forum ditutup oleh ketua rapat.

Komisi I DPR lantas akan menggelar rapat internal untuk penyampaian pandangan anggota dan fraksi-fraksi, lalu mengambil keputusan. Tahapan berikutnya adalah verifikasi faktual calon Panglima TNI oleh pimpinan dan kepala kelompok fraksi Komisi I DPR.

Hasil fit and proper test calon Panglima TNI bakal dibawa ke rapat paripurna DPR pada Senin, 8 November 2021. Anggota Komisi I Dave Laksono menuturkan pimpinan DPR bakal segera mengirim surat kepada Presiden Jokowi setelah paripurna.

Baca Juga:
Gubernur Khofifah Resmikan 25 Unit Rumah Hunian Bagi Warga Terdampak Bencana Di Trenggalek

“Jadi bisa Senin setelah paripurna Pak Andika bisa dilantik siang atau sorenya,” jelas Dave soal uji kelayakan Andika Perkasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *