Sports  

Dramatis! Indonesia Lolos Ke Final Piala AFF 2020 Usai Bekuk 8 Pemain Singapura

Dramatis! Indonesia Lolos Ke Final Piala AFF 2020 Usai Bekuk 8 Pemain Singapura
Pemain Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura dalam ajang Piala AFF 2020/Foto: AFP

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Pertandingan Indonesia vs Singapura berlangsung di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. 

Indonesia maju ke final Piala AFF 2020. Skuad Garuda mengalahkan Singapura 4-2, dalam laga semifinal yang berjalan 120 menit dan diwarnai tiga kartu merah.

Pada babak pertama Indonesia memimpin lebih dulu lewat gol Ezra Wilian di menit ke-11.

Jelang babak pertama tuntas, Singapura harus bermain dengan 10 orang, usai Safuwan Baharudin menelan kartu kuning keduanya.

Namun, sebelum peluit babak pertama dibunyikan Song Uiyoung berhasil menyamakan kedudukan pada menit 45+4.

Pada babak kedua, Singapura kembali apes usai Irfan Fandi diusir wasit dengan kartu merah. Namun, Singapura malah kembali bikin gol

Adalah Shahdan Sulaiman yang mencetak gol indah lewat tendangan bebas melengkung dari luar kotak penalti di menit ke-74 dari set piece akibat Alfeandra Dewangga yang melanggar Faris Ramli.

Setelahnya Indonesia berupaya membangun serangan, hingga mampu menyamakan kedudukan di menit ke-84. Gol tercipta melalui kaki Pratama Arhan setelah menyambar bola rebound di sisi kanan gawang.

Lima menit kemudian, Pratama Arhan jadi pesakitan setelah melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Faris Ramli yang maju jadi algojo, sepakannya ditepis Nadeo.

Pertandingan harus berjalan hingga babak tambahan waktu sebab kedua tim bermain imbang 2-2 pada waktu normal 90 menit. 

Di babak pertama extra time, Indonesia berhasil mencetak gol cepat, gol ketiga Indonesia tersebut tercipta berkat gol bunuh diri Shawal Anuar pada menit ke-91.

Momen itu bermula dari tendangan Egy Maulana Vikri yang membentur kaki pemain Singapura, Shawal Anuar. Bola kemudian tanpa bisa dicegah bergulir masuk ke dalam gawang Singapura. Skor sementara 3-2 untuk Indonesia. 

Kemudian, Egy Maulana membuat gol di akhir babak pertama extra time. Kemudian, Singapura mendapat kartu merah lagi di akhir babak kedua extra time, yakni kiper Hassan Sunny yang diusir. Laga kemudian tuntas 4-2 untuk kemenangan Indonesia atas Singapura.

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke final. Selanjutnya, Indonesia tinggal menunggu pemenang Thailand vs Vietnam, yang baru akan bertanding pada Minggu (26/12/2021).

Final sendiri akan berlangsung dua leg, pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, di National Stadium, Singapura.

Berikut highlights pertandingan AFF Suzuki Cup 2020, antara Indonesia vs Singapura pada Sabtu (25/12/2021) malam/Source: YT AFF

Exit mobile version