Pihak Keamanan Brasil Lakukan Investigasi Pasca Kerusuhan Di Brasilia

Kanaltujuh.com –

Pihak berwenang berusaha mengidentifikasi siapa saja yang membantu mendanai atau mengorganisir penyerbuan kantor pemerintah di Brasilia.

Iklan Komindag

Otoritas distrik Brasilia mengatakan pada hari Senin (16/1/2023) bahwa mereka akan menggandakan pengerahan keamanan di Esplanade of Ministries dan Three Powers Square, area di mana kehadiran pemerintah terkonsentrasi.

Pihak berwenang di Ibukota Brasil telah bergerak untuk meningkatkan keamanan di gedung-gedung pemerintah yang digeledah oleh ribuan pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro dalam apa yang dikecam pemerintah sebagai serangan “anti-demokrasi”.

Penjabat Gubernur distrik Celina Leao juga mengatakan kepada wartawan bahwa satu batalyon polisi militer yang bertanggung jawab atas keamanan akan ditingkatkan dari 248 menjadi 500 anggota secara permanen untuk “kedamaian pikiran yang maksimal”.

Perubahan itu terjadi lebih dari seminggu setelah pendukung Bolsonaro menyerbu Kongres, Mahkamah Agung, dan istana kepresidenan Brasil pada 8 Januari dalam upaya menentang pemerintahan baru Presiden Luiz Inacio Lula da Silva.

Lula dan para pemimpin pemerintah Brasil lainnya mengecam serangan itu yang melihat para perusuh menghancurkan karya seni dan menghancurkan jendela dan furnitur sebagai “tindakan teroris dan kriminal, vandalisme yang menyebarkan kudeta”.

Hal itu dipicu oleh terpilihnya Presiden sayap kiri, yang secara resmi dilantik pada 1 Januari, mengalahkan Bolsonaro dengan tipis dalam pemilihan presiden bulan Oktober yang secara luas dipandang sebagai pemilu paling memecah belah dalam sejarah negara Amerika Selatan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *