WHO Sebut Varian Omicron Lebih Beresiko dan Dapat Picu Lonjakan Baru Covid-19

Vial of coronavirus vaccine, omicron or nu variant

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakam bahwa dunia harus mewaspadai virus corona varian Omicron sebab memiliki resiko sangat tinggi dan dapat memicu lonjakan Covid-19 baru.

Iklan

WHO mengatakan bahwa saat ini memang masih banyak ketidakpastian terkait varian Omicron. Akan tetapi, bukti sejauh ini meningkatkan kemungkinan varian itu punya mutasi yang dapat menghindari respons sistem imun dan memperkuat kemampuannya untuk menular.

“Tergantung dari karakteristiknya, kemungkinan bisa ada lonjakan Covid-19 di masa mendatang, yang bisa berdampak para, tergantung pada sejumlah faktor, termasuk di mana lonjakan terjadi,” dikutip dari pernyataan WHO yang dilansir Associated Press, Senin (29/11).

Baca Juga:
Mantan Presiden Trump Ditembak Saat Kampanye di Pennsylvania, Pelaku Tewas dan Dua Orang Terluka

Menutup pernyataan itu, WHO menulis, “Secara umum, risiko global sangat tinggi.”

WHO menegaskan bahwa sementara para ilmuwan masih terus mencari bukti untuk memahami Omicron, negara-negara di dunia harus mempercepat vaksinasi.

Hingga saat ini, memang belum ada data ilmiah yang benar-benar menunjukkan seberapa ganas corona varian Omicron ini, termasuk terkait tingkat penularan, juga kemampuannya menyebabkan gejala serius dan menghindari vaksin.

Sampai saat ini belum ada laporan kasus kematian akibat Covid-19 varian Omicron. Namun, sejumlah kasus menunjukkan varian Omicron itu dapat menginfeksi orang yang sudah divaksinasi lengkap.

Baca Juga:
Mantan Presiden Trump Ditembak Saat Kampanye di Pennsylvania, Pelaku Tewas dan Dua Orang Terluka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *