Hari Ini Dalam Sejarah, Diktaktor Soviet Joseph Stalin Lahir

Hari Ini Dalam Sejarah, Diktaktor Soviet Joseph Stalin Lahir
8 Februari 1945: Marsekal Joseph Stalin (1879 - 1953) dan Winston Churchill (1874 - 1965) bersama di Istana Livedia di Yalta, di mana mereka berdua hadir untuk konferensi/Foto: Central Press/Getty Images

Kanaltujuh.com –

Joseph Stalin lahir pada 18 Desember 1878. Dikenal sebagai diktator Uni Soviet dari 1929 hingga 1953, Stalin mengubah Soviet dari masyarakat petani menjadi negara adidaya berpusat pada industri dan militer.

Iklan Komindag

Namun, prestasi seolah tertutupi dengan tangan besi. Selama pemerintahannya, jutaan warganya tewas dalam teror tanpa henti.

Dilansir Britannica, pria bernama asli Ioseb Dzhugashvili ini, mengenal ajaran Karl Marx selama di seminari. Stalun kemudian bergabung dengan partai sosialis lokal.

Ketika itu pemikiran untuk menggulingkan Raja Rusia Nicholas II muncul.

Sampai kemudian Stalin putus sekolah hanya beberapa bulan sebelum lulus, dan memilih jalan menjadi seorang revolusioner. Dia memberikan pidato publik pertamanya pada 1900.

Dia bergabung dengan kelompok militan dari gerakan Sosial Demokratik Marxis, Bolshevik, yang dipimpin Vladimir Lenin.

Dirinya terlibat dalam berbagai aktivitas kriminal, termasuk perampokan bank. Hasilnya digunakan untuk mendanai Partai Bolshevik.

Stalin pernah ditangkap beberapa kali antara tahun 1902 dan 1913, dan dipenjarakan serta diasingkan di Siberia.

Ketika bebas, Stalin terus mendukung revolusi dan membantu mengorganisasi petani dalam Revolusi Rusia melawan Raja Nicholas II pada 1905.

Berikutnya: Pada 1912, Lenin, yang saat itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *