Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

Hasil Sidang Isbat: 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023
Pemantauan hilal/Foto: Kemenag Banjarmasin

Kanaltujuh.com –

Kemenag telah mengadakan sidang isbat untuk menetapkan jatuhnya 1 Ramadan 1444 Hijriah pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Ketetapan ini diumumkan setelah sidang isbat yang dihadiri oleh beberapa pihak dan diselenggarakan secara langsung di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada hari Rabu (22/3/2023).

“Secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023,” kata Menag Yaqut Cholil Qoumas dalam jumpa pers, Rabu (22/3/2023).

Sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah selalu diselenggarakan sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004. Penetapan tanggal sidang isbat dilakukan pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriah.

Baca Juga:
Presiden Jokowi Teken Perpres Tentang Publisher Rights, Begini Isinya

Dalam sidang isbat tersebut, Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas-ormas Islam, perwakilan Lapan yang kini tergabung dalam BRIN, BMKG, dan tamu undangan lainnya turut berpartisipasi. Pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI juga diundang dalam sidang isbat tersebut.

Sidang isbat dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi yang dilakukan oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Tahap kedua adalah pelaksanaan sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadan 1444 Hijriah. Sidang ini dilakukan secara tertutup setelah salat Magrib.

Baca Juga:
Program Makan Siang Gratis Dibahas di Sidang Kabinet, Gibran: Kita Tunggu Nanti Saja

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 124 lokasi di seluruh Indonesia. Tahap ketiga adalah penyampaian hasil sidang isbat yang disiarkan secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *