Ganjar Pranowo Masih Unggul di Peringkat Pertama dalam Survei Terbaru IPI

Ganjar Pranowo Masih Unggul di Peringkat Pertama dalam Survei Terbaru IPI
Ganjar Pranowo/Foto: Istimewa

Kanaltujuh.com –

Menurut Direktur lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi pada April 2023. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga diisi oleh Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Burhanuddin juga menekankan bahwa tokoh-tokoh yang konsisten muncul dalam survei adalah Ganjar, Anies, dan Prabowo, dan hasil survei menunjukkan Ganjar memperoleh 27,5 persen suara.

“Unggul tipis dari posisi kedua Prabowo Subianto dengan 25,1 persen dan unggul signifikan dari Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 18,8 persen,” ujarnya pada Minggu dikutip dari Tempo.co, 30 April 2023.

Burhanuddin menyatakan bahwa menurut survei terbaru, elektabilitas Ganjar mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan Maret 2023. Hal ini diduga disebabkan oleh pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Burhanuddin menjelaskan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto mengalami kenaikan dengan persentase suara sebesar 25,1 persen di bulan April.

Namun, kenaikan ini belum cukup untuk mengungguli Ganjar Pranowo yang tetap memimpin sebagai tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Sedangkan Anies Baswedan memiliki selisih suara yang jauh dengan Ganjar dan Prabowo. Burhanuddin menduga penurunan elektabilitas Anies terkait dengan meningkatnya tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi.

“Artinya tiga nama ini tidak ada yang menang dalam satu putaran. Apakah mas Anies tren penurunannya itu membuat kansnya hilang? belum tentu. Kita harus menunggu lebih sabar karena masih ada 10 bulan ke depan,” ujar dia.

Indikator Politik Indonesia melaksanakan survei pada 11-17 April 2023 dengan mewawancarai 1.220 responden berusia 17 tahun ke atas secara tatap muka, dipilih melalui metode multistage random sampling.

Exit mobile version