Pendaftaran Bacaleg 2024 Dimulai, PKS Jadi Partai Pertama yang Tiba di KPU RI

Kanaltujuh.com –

Pada hari Senin, 8 Mei 2023, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik pertama yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, memimpin rombongan partai tersebut yang tiba dan memenuhi halaman KPU RI.

“Bersyukur kita panjatkan kepada Allah SWT PKS di tanggal 8 nomor urut 8 sebagai parpol pertama yang mendaftar dalam kontestasi pemilu 2024,” kata Ahmad Syaikhu, dikutip dari Tempo.co pada Senin (8/5/2023). 

Harapan Ahmad Syaikhu adalah agar langkah awal yang diambil oleh PKS ini dapat menjadi jembatan untuk mencapai hasil terbaik dalam konteks demokrasi.

“Semoga ini menjadi penyemangat bahwa PKS siap menyongsong demokrasi 2024,” ucapnya. 

Sebelum memasuki ruang pendaftaran, Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar, memberikan sambutan di mana ia mengungkapkan kebahagiannya karena seluruh persyaratan pendaftaran PKS telah selesai pada waktu yang tepat.

“Kami dari Sekjen dan seluruh wakil-wakilnya di bidang hukum dan pendaftaran termasuk panitia persiapan datang ke KPU hari ini, Alhamdulillah,” ucapnya. 

Aboe menjelaskan terdapat sebanyak 580 anggota bacaleg PKS yang terdaftar di data KPU RI.

“Alhamdulillah 84 Dapil,” katanya.

Dari 580 bacaleg PKS, Aboe menyebut sebanyak 208 bacaleg merupakan wanita. Artinya, PKS memenuhi ambang syarat bacaleg perempuan. 

“Artinya 35,9 persen merupakan kader wanita,” ucap Aboe.

Aboe menyatakan bahwa selain itu, jumlah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) yang telah mendaftar mencapai 25, dan masih ada kemungkinan penambahan hingga tanggal 14 Mei. Sementara itu, dari seluruh Indonesia, 150 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) telah mendaftar, dan 365 DPD lainnya akan menyusul.

Exit mobile version