Data Nasabah Asuransi BRI Life Bocor, DPR Kritik Kominfo Tidak Serius Lindungi Data Pribadi

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, mengkritik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang dinilai hanya sibuk memblokir situs daripada fokus melindungi data pribadi.

Iklan Komindag

“Kebocoran data terus berulang tapi Kominfo seperti tidak memiliki sense of crisis. Hal ini terlihat dari sikap, kebijakan dan cara kerja mereka dalam menghadapi kebocoran data,” ucap Sukamta.

Wakil Ketua Fraksi PKS tersebut mengatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak pernah serius menangani perkara cyber security, penipuan online, dan penyebaran atau penggunaan data pribadi ilegal.

Baca Juga:
Seleksi CASN 2023 Akan Dibuka Untuk Umum

Sebelumnya, data nasabah asuransi BRI Life diduga bocor dan dijual secara online. Akun Twitter, @underthebreach menyebarkan dugaan kebocoran data anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia(Persero) Tbk itu.

Akun tersebut menjelaskan bahwa ada pelanggaran dari orang yang menjual data sensitif dari BRI Life. Menurutnya, sumber tersebut memiliki video berdurasi 30 menit tentang sejumlah besar data sekitar 250 GB yang mereka peroleh.

Oleh karena itu, Sukamta mengajak Kominfo untuk segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi.

“RUU PDP harus segera diselesaikan agar data rakyat terlindungi. Saat ini hambatan utama mengenai lembaga pengawas harus segera diatasi,” ujar Sukamta.

Baca Juga:
Menjadi Pembicara di Talkshow, Wagub Bali TjokOka Sebut Pertahun Ada Kebocoran 161 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *