Ketua KONI Pusat Minta PON Papua Dikembangkan Jadi Sport Tourism

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman
Ketua KONI Pusat, Marciano Norman/Foto: BeritaSatu

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen (Purn), Marciano Norman, meminta agar pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dapat berperan terhadap pengembangan wisata olahraga (sport tourism) di Papua.

Iklan Komindag

Marciano, seperti dikutip dari Antara, Senin (27/9) berpendapat secara umum Provinsi Papua memiliki potensi yang besar untuk pengembangan sport tourism di tanah air, dan ia berharap momentum PON XX dimanfaatkan untuk lebih menggali dan mengembangkan potensi tersebut.

“PON Papua ini bisa mendukung terhadap sport tourism, terlebih lagi seperti di Danau Sentani mempunyai potensi yang besar,” ujar Marciano seusai Tour Danau Sentani dengan Kapal Wisata Foi Moi milik Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Baca Juga:
Wagub Bali: Pengembangan Potensi Wisata Jangan Meninggalkan Warga Lokal

Ia menambahkan, PON Papua juga akan memberikan manfaat terhadap pengembangan ekonomi serta kesejahteraan di Papua.Pada kesempatan itu, Marciano menyampaikan terima kasih kepada para kepala daerah di Papua sehingga persiapan PON bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan pihaknya akan mengembangkan potensi sport tourism di kawasan Danau Sentani. Menurut Mathius, kawasan tersebut memiliki keindahan alam sehingga layak untuk pengembangan sport tourism.

“Kami akan menata wilayah Danau Sentani ini sehingga sport tourism dapat dimaksimalkan,” jelasnya.

Mathius menuturkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, juga telah memberikan dukungan terhadap pengembangan pariwisata, termasuk sport tourism.

Baca Juga:
Menjadi Pembicara di Talkshow, Wagub Bali TjokOka Sebut Pertahun Ada Kebocoran 161 Triliun

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno telah berkunjung ke Kampung Yoboi di Sentani, Senin (21/9/2021), yang termasuk salah satu kampung wisata terbaik dari 50 kampung di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *