Ketua DPR-RI Harap Venue PON Tetap Terawat Meski Event Berakhir

Jakarta, Kanaltujuh.com –

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, di Jayapura, Sabtu, 2 Oktober 2021. Ia berharap agar berbagai arena tempat berlangsungnya PON terus dirawat meski even olahraga nasional itu sudah berakhir.

“Pembangunan fasilitas olahraga dalam rangka pelaksanaan PON di Provinsi Papua akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua,” ungkap Puan dalam keterangan tertulisnya.

Puan mengingatkan supaya seluruh venue PON harus mendatangkan banyak manfaat bagi rakyat. Puan menyebut, jangan sampai pembangunan dengan nilai yang besar menjadi sia-sia dan hanya digunakan saat PON berlangsung.

“Setelah perhelatan PON seluruh fasilitas olahraga yang dibangun dengan triliunan rupiah uang rakyat ini, harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat Papua,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama ini banyak venue PON yang dibangun, namun akhirnya kurang dimanfaatkan setelah pesta olahraga empat tahunan itu berakhir. Kebanyakan kondisinya menjadi terbengkalai dan tidak terawat.

Bahkan diantaranya kerap menjadi beban bagi pemerintah daerah setempat karena tingginya biaya pemeliharaan fasilitas tersebut.

“Belajar dari pengalaman sebelumnya di Provinsi lain, pasca-pelaksanaan PON, fasilitas olahraga yang dibangun itu hanya menjadi saksi bisu perhelatan PON,” kata Puan.

Exit mobile version