Korban Akibat Awan Panas Erupsi Gunung Semeru Dirawat Di Puskesmas

Kanaltujuh.com –

Sejumlah warga di daerah terdampak awan panas guguran dikabarkan mengalami luka bakar akibat akibat terkena guguran debu dari awan panas. Sejumlah korban luka ini telah mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan.

Iklan Komindag

Dari berbagai sumber menyebutkan situasi terkini pada salah satu fasilitas kesehatan yang tengah sibuk menangani korban luka bakar ini adalah Puskesmas Penanggal di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

“Banyak yang dilarikan ke puskesmas Penanggal,” jelas Inok, seorang guru pengajar di SMP Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/12).

Laporan relawan bencana juga menyebutkan ihwal adanya korban luka bakar tersebut.

Baca Juga:
Kemenag Usulkan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp. 69 Juta, Begini Alasannya

Bupati Lumajang Thoriqul Haq memastikan puskesmas dan rumah sakit terdekat siap siaga usai terjadinya erupsi Gunung Semeru. Hal itu dipersiapkan untuk mengantisipasi adanya korban terdampak erupsi gunung semeru.

“Seluruh puskesmas dan rumah sakit terdekat saat ini standby. Saya pastikan yang dievakuasi terlebih dahulu lansia, anak-anak dan ibu hamil,” kata Thoriqul Haq, Sabtu, (4/12).

Sementara Bupati menjelaskan bahwa saat ini petugas gabungan dari TNI-POLRI, BPBD beserta relawan masih mengevakuasi warga.

Untuk sementara, titik pengungsian difokuskan di Kantor Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo, Lumajang serta kantor desa terdekat.

Baca Juga:
Wagub Bali: Pengembangan Potensi Wisata Jangan Meninggalkan Warga Lokal

“Kita cari lokasi lokasi yang aman untuk evakuasi warga,” jelas bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *