Pemerintah Kazakhstan Setujui Pengembalian Nama Ibu Kota Nur-Sultan Jadi Astana

Pemerintah Kazakhstan Setujui Pengembalian Nama Ibu Kota Nur-Sultan Jadi Astana
Ibu Kota Kazakhstan, Astana/Foto: Istimewa

Kanaltujuh.com –

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev telah menyetujui proposal untuk mengembalikan nama ibu kota sebelumnya Astana, sebagai tanda baru pemutusan dengan warisan mantan pemimpin lama negara itu, Presiden Nursultan Nazarbayev.

Ibu kota negara Asia Tengah yang dipenuhi gedung pencakar langit ini berganti nama menjadi Nur-Sultan pada Maret 2019, untuk menghormati presiden Nazarbayev yang akan keluar.

Pemimpin otoriter Nazarbayev memerintah bekas republik Soviet dari tahun 1991, membangun kultus kepribadian di sekitar dirinya, sebelum pengunduran diri yang mengejutkan pada tahun 2019 ketika loyalis Tokayev mengambil alih. Tokayev secara bertahap menjauhkan diri dari mentornya dengan meluncurkan reformasi dan mengesampingkan klan berpengaruh mantan presiden.

Juru bicara kepresidenan Ruslan Zheldibay mengatakan pada hari Selasa bahwa amandemen untuk mengembalikan nama ibu kota sebelumnya dimasukkan dalam rancangan undang-undang oleh anggota parlemen “dengan persetujuan presiden”.

“Presiden diberitahu tentang inisiatif ini oleh para deputi, yang pada gilirannya mengandalkan saran yang berulang kali diungkapkan selama pertemuan dengan penduduk, serta di berbagai alamat dari warga selama referendum, ”tulis Zheldibay di Facebook.

“Pada saat yang sama, presiden melihat peran penting Nursultan Nazarbayev dalam memperkuat negara modern Kazakhstan dan pendirian ibu kota sebagai fakta sejarah,” kata Zheldibay.

“Oleh karena itu, landmark lain yang dinamai presiden pertama akan tetap menggunakan nama mereka,” tambahnya.

Perpecahan antara Nazarbayev dan Tokayev menjadi lebih mencolok sejak kerusuhan mematikan pada Januari. Setelah kerusuhan, Nazarbayev dicopot dari gelarnya “Elbasy”, atau “Pemimpin Bangsa” – peran yang memberinya pengaruh atas pembuatan kebijakan terlepas dari posisi formalnya.

Beberapa anggota lingkaran dekatnya dicopot dari posisi tinggi dan salah satu keponakannya ditangkap karena penggelapan. Tokayev juga secara terbuka mengkritik pendahulunya setelah kekerasan pada bulan Januari, dengan mengatakan pemerintahan Nazarbayev telah menciptakan “lapisan orang kaya” – meskipun dia juga terus memujinya.

Exit mobile version