Bupati Mojokerto Luncurkan Program Pesiar BPJS Kesehatan untuk Wujudkan Desa Sejahtera

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meluncurkan program Pesiar (Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi) BPJS Kesehatan
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meluncurkan program Pesiar (Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi) BPJS Kesehatan/Foto: Kominfo Jatim

Mojokerto, Kanaltujuh.com –

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meluncurkan program Pesiar (Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi) BPJS Kesehatan. Program ini adalah hasil kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Kemendes PDTT, yang bertujuan untuk menciptakan desa tanpa kemiskinan, desa sehat, dan desa sejahtera.

Iklan

Acara peluncuran program Pesiar ini diadakan di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto, Kepala BPJS Mojokerto, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina berharap agar program Pesiar BPJS Kesehatan dapat menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Mojokerto, termasuk mereka yang kurang mampu, agar dapat didaftarkan sebagai peserta aktif BPJS Kesehatan.

Baca Juga:
Trenggalek Sukses Raih Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024

“Pesiar ini adalah untuk menyisir masyarakat di tingkat desa, yang tidak terdaftar pada kategori miskin sehingga bisa mendaftarkan dirinya sebagai peserta aktif BPJS Kesehatan,” jelasnya pada Senin (24/06/2024) pagi.

Program Pesiar juga berfungsi sebagai alat untuk mencapai target kepesertaan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2024 sebesar 98%, dengan target keaktifan sebesar 75%.

Di Kabupaten Mojokerto, jumlah kepesertaan saat ini mencapai 99,02%, namun tingkat keaktifannya baru 70,61%. Untuk meningkatkan tingkat keaktifan tersebut, Bupati Ikfina menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mojokerto akan mengadakan proyek percontohan yang akan diterapkan di empat desa wilayah eks Pembantu Bupati.

Baca Juga:
Korupsi Proyek Sentra Kuliner, Mantan Kades dan Sekdes Lamongan Dipenjara

“Ada 4 desa sebagai pilot project, yaitu Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas, Desa Wonorejo Kecamatan Trowulan, Desa Medali Kecamatan Puri, dan Desa Centong Kecamatan Gondang,” jelasnya.

Di akhir arahannya, Bupati Mojokerto yang ke-30 berharap agar Pilot Project program Pesiar ini dapat berjalan dengan sukses dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Bumi Majapahit.

“Kita berharap pilot project pada ke-4 desa ini bisa berjalan dengan baik sehingga nanti bisa menjadi rujukan untuk 295 desa lain di Kabupaten Mojokerto ini,” jelasnya.

Baca Juga:
Operasi Penyekatan Pengesahan Warga Baru PSHT, Polres Lamongan Amankan 47 Pelaku Konvoi dan Tilang 85 Motor