Partai Demokrat Siap Sampaikan Arah Koalisi pada Rapimnas Tanggal 21 September

Partai Demokrat Siap Sampaikan Arah Koalisi pada Rapimnas Tanggal 21 September
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono didampingi kader partai menyampaikan keterangan kepada wartawan saat konferensi pers di DPP Demokrat, Jakarta, Senin (4/9/2023)/Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos

Kanaltujuh.com –

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, pada hari Minggu (17/9/2023). Kedatangan SBY dan AHY disambut dengan antusias oleh para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Selain itu, Prabowo telah diusung dan mendapat dukungan sebagai calon presiden (capres) oleh KIM, yang terdiri dari Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, PBB, Partai Gelora, dan Partai Garuda.

“Benar hari ini ada pertemuan antara Bapak SBY dan Mas AHY dengan Bapak Prabowo. Agenda hari ini adalah Silaturahmi Kebangsaan Bersama Presiden ke-6 Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono,” ujar juru bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Minggu (17/9/2023).

Herzaky tidak memberikan rincian lengkap tentang apa yang dibahas dalam pertemuan antara SBY, AHY, dan Prabowo. Namun, Herzaky memastikan bahwa arah koalisi Partai Demokrat akan diungkapkan secara langsung oleh AHY pada Rapimnas Partai Demokrat yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (21/9/2023).

“Untuk keputusan resmi Demokrat bergabung dengan koalisi atau kerja sama untuk Pilpres 2024, akan disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, pada Rapimnas Partai Demokrat, hari Kamis, 21 September 2023,” jelas Herzaky.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengungkapkan bahwa SBY dan AHY datang untuk secara formal mendukung Prabowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden 2024. Ia juga menyatakan bahwa SBY dan AHY telah merasa puas dengan Prabowo.

“Acara pada hari ini adalah menerima secara resmi pernyataan dukungan dari Partai Demokrat untuk Pak Prabowo menjadi calon presiden RI di Pilpres 2024,” ujar Viva di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

“Pak SBY menyatakan bahwa ke Pak Prabowo nyaman, sama-sama sebagai saudara dari keluarga besar di Pidar, dan selama ini pernah menyatakan dukungan dan bekerja sama di Pilpres sebelumnya,” terusnya.

Viva menyatakan bahwa dalam dukungannya kepada Prabowo, Partai Demokrat belum membahas secara detail mengenai kemungkinan syarat untuk calon wakil presiden (cawapres). Namun, ia merasa senang dengan tambahan dukungan dari Partai Demokrat.

“Tadi belum dibicarakan hal yang detail. Intinya acara ini menyatakan bahwa kita menerima dengan rasa syukur, gembira, suka cita alhamdulillah bahwa Partai Demokrat hari ini secara resmi menyatakan dukungannya kepada Pak Prabowo untuk menjadi calon presiden di Pilpres 2024,” pungkas Viva.

Exit mobile version